Kata Menteri Riset dan Teknologi, AC Esemka Dingin  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 13 April 2012 16:40 WIB
Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta. TEMPO/Firman Hidayat

TEMPO.CO, Surakarta - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta melihat fasilitas pengelasan bawah air di Solo Techno Park dalam kunjungan kerjanya ke Surakarta, Jawa Tengah, Jumat, 13 April 2012. Pengelasan bawah air itu satu-satunya di Indonesia.

Setelah itu, Menteri Hatta ingin mencoba sendiri mobil Esemka, yang dirakit siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta. Dia ingin menjajal mengendarai mobil jenis SUV (sport utility vehicle) ini meskipun hanya di area gedung Solo Techno Park.

“Kursinya nyaman,” kata dia setelah masuk ke kursi pengemudi Esemka Rajawali. Kemudian dia mengendarai mobil yang sempat menjadi kendaraan dinas Wali Kota Surakarta Joko Widodo itu di dalam gedung.

Merasa gerah di dalam mobil, dia ingin menyalakan AC. Sempat kebingungan mencari letak tombol AC, akhirnya ketemu setelah ditunjukkan Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo. “Ternyata AC-nya dingin juga, ya. Jadi tambah nyaman naik Esemka. Hebat pokoknya,” kata Hatta memuji Esemka.

Hadi mengatakan Esemka masih menjalani sejumlah perbaikan untuk mengurangi emisi gas buang dan bobot. Jika tak ada aral melintang, Esemka akan kembali menjalani uji emisi mandiri kedua di Sukoharjo pekan depan.

Kemudian mobil ini akan dibawa kembali ke Jakarta untuk menjalani uji emisi kedua akhir April. “Kami sangat berharap Kemenristek bisa membantu masalah emisi gas buang ini,” ujar Hadi.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita terkait:Pembongkaran Mesin Esemka Tak Libatkan Siswa SMKBiaya Uji Emisi Esemka Rp 12 JutaMenteri Perindustrian: Esemka Perlu BersabarJokowi Sempat Yakin Esemka Lolos Uji Emisi Meski Gagal, Roy Suryo Tetap Dukung Esemka

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi