Toyota Hadirkan Wajah Baru Land Cruiser  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 17 April 2012 21:24 WIB
Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (kanan) dan Hideyuki Imai Wakil Presiden Direktur PT TAM saat peluncuran Toyota Land Cruiser 200 di Jakarta, Selasa, 17 April 2012. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) kini lebih berani mengumumkan kehadiran Land Cruiser. Sport utility vehicle premium itu hadir lewat model terbarunya Land Cruiser 200 yang diperkenalkan di Jakarta, Selasa, 17 April 2012. Kejutannya? Harga Land Cruiser baru ini lebih murah Rp 800 juta dari model sebelumnya.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor mengatakan sebenarnya selama ini TAM tetap menjual Land Cruiser, hanya saja dalam sistem spot order alias dimasukkan jika ada pemesan. Harganya yang mencapai Rp 2,2 miliar membuat penjualan mobil ini tidak terlalu banyak.

Namun karena permintaan konsumen yang cukup tinggi, perjanjian kemitraan ekonomi Indonesia Jepang (IJEPA), plus kepercayaan Toyota Motor Corporation terhadap potensi pasar di Indonesia, Land Cruiser akhirnya mendapat keistimewaan harga.

"Prinsipal kami di Jepang memberi lampu hijau bagi kami membawa Land Cruiser dengan harga istimewa. Selisihnya antara Rp 700-800 juta dibandingkan model lama," kata Johnny di sela-sela peluncuran, Selasa, 17 April 2012.

Land Cruiser hadir dalam dua varian yaitu versi full spek yang dibanderol Rp 1,475 miliar dan versi standar yang dilepas seharga Rp 1,185 miliar.

Tahun lalu, penjualan secara "diam-diam" Land Cruiser menghasilkan angka 210 unit. Widyawati Soedidgo, GM Marketing Planning and Costumer Relation PT TAM mengatakan dengan harga yang turun cukup banyak, pihaknya berharap bisa menjual lebih banyak lagi.

Land Cruiser 200 hadir dengan model yang lebih fresh dengan penyegaran desain. Di eksterior front and rear bumper serta new front combination lamp yang lebih atraktif dengan penggunaan sistem LED.

Sedangkan interior meski mobil ini identik dengan perjalanan keras (off road) namun desain kabin tetap mengedepankan kenyamanan. Kabin tampil mewah dengan berbagai teknologi kelas atas termasuk penggunaan pendingin udara (AC) 4 zone. Sistem hiburan dilengkapi JLB Synthesis audio system dengan 14 speaker dan 9 inci monitor display.

Di dapur mesin Land Cruiser 200 diperkuat mesin Diesel Common Rail dengan kapasitas 4.500 cc V8 twin turbo dilengkapi dengan fitur VCS, Multi Terrain ABS dan Hill-start Assist Control Toyota Land Cruiser dijamin memberikan pengalaman berkendara bagi mereka yang penyuka tantangan. Pilihan warna tersedia dalam 10 pilihan termasuk 3 warna baru White Pearl CS, Black MM, dan LT Blue MM.

Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT TAM mengatakan untuk saat ini pihaknya menetapkan target penjualan 20-30 unit per bulan. "Meski demikian sudah ada pesanan sekitar 30-40 unit," kata dia.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi