Pekan Depan, Audi Beli Ducati Rp 10,27 Triliun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 April 2012 16:44 WIB
Motor Ducati Hypermotard, REUTERS/Stefano Rellandini.

TEMPO.CO, Ingolstadt - Kabar mengenai ketertarikan Audi terhadap pabrikan sepeda motor asal Italia, Ducati, terus berlanjut. Audi yang berada di bawah bendera Volkswagen Group dikabarkan membeli Ducati seharga US$ 1.12 miliar atau sekitar Rp 10,27 triliun.

Kantor berita Reuters dan laman egmcartech.com, Rabu, 18 April 2012 menulis pembelian ini termasuk dengan utang-utang tengah membelit Ducati. Pembelian ini membuat bos VW Ferdinand Piech memenuhi keinginannya membeli Ducati yang gagal 30 tahun lalu.

Meski demikian belum ada keterangan resmi dari kedua belah pihak. "Rencana membeli Ducati ini dilakukan VW lebih kepada nama dibandingkan industri atau keungan," kata Arndt Ellinghorst, analisis Credit Suisse, London, Inggris, seperti dilansir Rauters.

"Ducati merupakan salah satu mesin terbaik di dunia yang bisa Anda dapatkan. Tapi secara strategi, hal ini tidak signifikan bagi Volkswagen," kata Christoph Stuermer, analisis Jerman HIS pada egmcartehc.com. “Mungkin lebih menguntungkan mengambil Lamborghini dan Bugatti. Tapi bagi dunia otomotif, ini lebih sekedar aksesori.”

Akuisisi Ducati akan menjadi brand ke-11 di Volkswagen AG selain Lamborghini dan Bugatti, serta pabrikan truk Scania AB dan MAN SE.

Kabar lain menyebutkan jika ambisi Audi ini adalah untuk mendekatkan kompetisinya dengan BMW yang juga memiliki divisi sepeda motor.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi