All New Ford Ranger Masuk Indonesia 12 Juli  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 April 2012 17:45 WIB
All New Ford Ranger (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Rencana kehadiran All New Ford Ranger di Indonesia akhirnya terbuka sudah. PT Ford Motor Indonesia memastikan pikap terbaru milik Ford itu akan hadir di Tanah Air pada 12 Juli 2012 mendatang.

Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia, mengatakan pihaknya telah menetapkan waktu peluncuran sejak beberapa bulan yang lalu. "Kita akan meluncurkan All New Ford Ranger berbarengan dengan pengumuman pemenang Global Ford Ranger Challenge," kata Bagus dalam acara peluncuran program tantangan untuk menguji Ranger baru itu di Jakarta, Rabu, 18 April 2012.

Kehadiran All New Ford Ranger diharapkan bisa kembali mendongkrak penjualan Ford di Indonesia. Pasalnya, sejak Desember 2011 lalu, FMI praktis tidak lagi mendapatkan pasokan Ranger versi lama dari pabrik mereka di Thailand.

Selain karena pabrik Ford di Auto Alliance Thailand (AAT), Rayong, terganggu akibat banjir, Ford Motor Company memutuskan untuk memfokuskan persiapan hadirnya All New Ranger. Di Negeri Gajah Putih itu sendiri, mobil yang didesain tim Ford yang dikepalai Craig Metros itu sudah mulai diproduksi sejak 29 September 2011 lalu. "Walhasil sejak Desember 2011 hingga Maret 2012, kita tidak ada pasokan sehingga hanya menjual stok unit," kata Bagus.

Pada Desember 2011, FMI hanya menjual 1 unit Ford Ranger Dengan total penjualan sepanjang tahun mencapai 6.359 unit. Adapun di tiga bulan 2012, penjualan Ranger tercatat 51 unit pada bulan Januari, Februari 44 unit, dan Maret 3 unit.

Ford Ranger yang berada di segmen pikap kompak ini memang menjadi andalan penjualan FMI meski bersaing dengan banyak pemainnya seperti Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, Isuzu D-Max, pendatang baru Chevrolet Colorado, dan yang akan hadir All New Mazda BT-50.

Gumgum Prijadi, Marketing Director PT FMI mengatakan Ford Ranger hadir di Indonesia sejak 2002. Pada saat itu, market share segmen yang dimasuki Ranger baru mencatat angka 0,3 persen. “Saat ini segmen share terus meningkat. Pada 2011 lalu tercatat 3,5 persen,” kata dia. 

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:Uji All New Ford Ranger DilombakanFord Ranger dan Focus Baru Meluncur Tahun IniPasokan Pulih, Penjualan Ford Naik 15 PersenHari Ini Ford Mulai Produksi All-New RangerDialah Pencipta Desain Garang Ford Ranger

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi