Kenalkan Ertiga, Andalan Baru Suzuki  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 22 April 2012 05:41 WIB
Suzuki Ertiga. team-bhp.com

TEMPO.CO , Jakarta:-- Memasuki triwulan kedua tahun ini, produsen otomotif nasional gencar memperkenalkan varian baru. Kendaraan dengan tujuh penumpang (multi-purpose vehicle/MPV) masih menjadi andalan para produsen untuk merebut ceruk pasar mobil yang terus meningkat. Salah satunya PT Suzuki Indomobil Sales, yang melansir varian terbaru, Suzuki Ertiga.

Direktur Penjualan Suzuki Indomobil Sales Davy Tuilan mengatakan Ertiga bakal menjadi andalan Suzuki di pasar kelas kendaraan penumpang. Menurut dia, varian terbaru ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki kendaraan di kelasnya. “Ertiga adalah kendaraan penumpang dengan kenyamanan sedan,” ujarnya.

Dari sisi tampilan, Ertiga berbeda dengan kendaraan MPV lain. Sekilas penampilan depannya mirip Suzuki Swift. Sedangkan penampilan belakangnya hampir menyerupai Suzuki SX-4. Menurut Davy, Ertiga lebih aerodinamis dibandingkan dengan pesaingnya. Tak hanya itu, visibilitas berkendaranya juga cukup baik.

Kemudi Ertiga juga dilengkapi pengatur volume dan mode radio. Sedangkan pada panel instrumen dilengkapi multi-information display (MID) berisi temperatur, konsumsi bahan bakar, dan jarak tempuh kendaraan. Untuk menambah kenyamanan berkendara, Ertiga dilengkapi audio double DIN dengan CD player, USB, dan aux-in.

Pada baris kedua, kursi bisa dimaju-mundurkan sesuai dengan keinginan. Jarak pijak tak membuat kaki menekuk. Namun pada baris ketiga jarak pijak terasa sempit bagi orang dewasa.

Pekan lalu Tempo menjajal Ertiga di Pulau Dewata. Mengendarai kendaraan penumpang ini seperti mengendarai sedan. Perpindahan gigi sangat ringan dan tak menimbulkan getaran. Begitu pula saat melewati jalan bergelombang, penumpang di baris kedua tak merasakan guncangan.

Kenyamanan berkendara masih ditambah dengan kelengkapan keamanan. Ertiga sudah dilengkapi kantong udara (airbag) untuk pengemudi dan penumpang depan. Untuk rem, kendaraan ini sudah dilengkapi ABS, EBD, dan BA. Mesin Ertiga mengadopsi K14.

Namun, di balik kelebihannya sebagai kendaraan tujuh penumpang, semburan penyejuk kabin Ertiga masih terasa kurang. Hal ini karena kendaraan tersebut tak memiliki tambahan penyejuk kabin pada bagian tengah (double blower).

Tak hanya itu, ruang bagasi Ertiga sangat terbatas untuk memuat barang bawaan. Sedangkan bagi penggemar kendaraan otomatis, kendaraan ini tak bisa menjadi pilihan. Sebab, Ertiga hanya menyediakan transmisi manual untuk semua tipe.

Namun Direktur Pemasaran PT Indomobil Niaga International Endro Nugroho optimistis Ertiga mampu merebut pasar MPV di Indonesia. “Karena Ertiga memiliki kelengkapan yang tak dimiliki kendaraan lain,” ujarnya. Buktinya, kata dia, sejak diperkenalkan pada Februari lalu, jumlah pesanan Ertiga terus melonjak. Data terakhir pada pekan lalu menyebutkan, total pesanan mencapai 3.950 unit di seluruh Indonesia.

Davy menambahkan, pihaknya menargetkan penjualan sebanyak 50 ribu unit per tahun. “Atau sekitar 4.200 per bulan,” ujarnya. Untuk pasar Indonesia, Davy menambahkan, Ertiga ditawarkan dalam tiga tipe, yakni GA dengan harga Rp 143 juta, GL Rp 153 juta, dan GX Rp 165 juta.

ALI NUR YASIN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi