Suzuki Ertiga Laris Manis di Yogyakarta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 6 Mei 2012 16:53 WIB
Peluncuran Suzuki Ertiga di BSM, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/4). MPV terbaru Suzuki ini memiliki mesin 1.373 cc dengan tiga baris tempat duduk. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Yogyakarta - Baru diluncurkan dua minggu di Jakarta, mobil Suzuki Ertiga di Yogyakarta laris manis. Belum berakhir acara peluncurannya di Yogyakarta, Sabtu-Minggu, 5-6 Mei 2012, mobil dengan tiga baris tempat duduk itu sudah laku 360 unit.

"Targetnya sampai acara penutupan launching bisa terpenuhi 500 unit," kata Hendra Kurniawan Presiden Direktur Sumber Baru Mobil, Minggu, 6 Mei 2012.

Suzuki Ertiga merupakan mobil pendatang baru di kelas MPV (Multi Purpose Vehicle) yang siap bersaing dengan kendaraan sekelasnya yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Kendaraan keluarga yang nyaman dengan fitur teknologi terdepan ini menyambangi masyarakat Yogyakarta di Ambarrukmo Plaza 5-6 Mei 2012. Pihak Suzuki menjanjikan berbagai hadiah untuk yang test drive dan indent. Hadiah itu berupa lima unit Ertiga dan 50 sepeda motor serta hadiah hiburan lainnya.

"Hadirnya kendaraan ini bisa meramaikan pasar otomotif pada umumnya," kata Hendra.

Hendra menyatakan, dari tiga tipe Ertiga paling banyak diminati adalah tipe GL yang harganya paling tinggi. Harga Ertiga tipe GA Rp 147 juta, tipe GL Rp 157 juta, dan tipe GX Rp 170 juta. Suzuki Ertiga ini hadir dalam delapan varian warna dan warna Serene Blue menjadi warna yang di desain khusus untuk Ertiga.

Deputy Director PT Suzuki Indomobil Sales Hideaki Tokuda mengatakan Suzuki Ertiga adalah kendaraan MPV yang didesain hemat bahan bakar. Bentuk eksterior dan interior juga mewah. Ertiga memberikan image yang eksklusif dan fleksibel bagi pengendaranya dan sesuai untuk semua kegiatan.

Dengan adanya Ertiga, diharapkan tahun ini Suzuki mampu menjual 50 ribu unit hingga akhir tahun. Saat ini, secara nasional telah laku sebanyak 9.000 unit Ertiga. Respons yang sangat bagus dari masyarakat pengguna MPV.

"Kami menjamin pasokan Ertiga lancar hingga ke pembeli," katanya.

Menurut Joko Utomo, general Manager Sale Indomobil, banyak keunggulan yang dimiliki Ertiga dari sisi teknologi maupun desain. Eksterior Ertiga didesain modern dengan kemewahan lampu kristal yang lebih besar sehingga memberikan kesan sporty.

Terlebih dengan kombinasi tampilan grille dan bumper depan yang stylish tampak keren. Interiornya terdiri dari two tone colour yang di desain yang mengutamakan kenyamanan penumpang.Kursi di baris kedua dapat digeser sepanjang 240 milimeter sehingga memberikan kenyamanan berupa leg room yang lega bagi penumpang di baris kedua. "Mobil ini mengadopsi sistem sedan dengan roda penggerak depan," kata dia.

Ertiga menggunakan teknologi K14B, penggerak roda depan dengan teknologi DOHC Multi Point Injection serta teknologi Drive by wire. Ertiga memberikan keeuntungan berupa more powerfull engine dan irit bahan bakar, 1 liter bahan bakar bisa untuk menempuh 16,3 kilometer.

Dijelaskan, sisi keamanan juga terjamin. Meskipun tidak diharapkan, jika mobil menabrak dengan kekuatan tertentu, stir mobil otomatis masuk ke dalam. Juga dilengkapi dengan airbag yang berfungsi jika seatbelt terpasang karena sistemnya terintegrasi.

"Jika menabrak dengan kekuatan tertentu, karena mesin melintang bukan membujur, kaki-kaki roda yang terhubung ke stir akan patah. Disebut dengan colabsible steering," kata Joko.

Dari dapur pacu, Ertiga dilengkapi dengan mesin berbahan bakar bensin berkapasitas 1,4 L tipe K yang ringan dan compact, Air intake yang dilengkapi dengan proses dan mekanisme VVT yang mengontrol Valve Timing secara optimal dan mengurangi gesekan dan hemat bahan bakar.

Sejak putaran 1.500 rpm mesin sudah dikondisikan supaya bergerak di putaran 77 persen dari putaran maksimum. Sehingga mesin ini lebih mudah untuk ditangani.

MUH SYAIFULLAH

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi