Presiden SBY Tanggapi Mobil Hybrid Buatan Astra
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 Mei 2012 04:55 WIB
jihsin.com

TEMPO.CO , Jakarta:Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disuguhi langsung mobil hybrid buatan PT Astra International Tbk. Satu mobil Toyota Camry warna hitam dan Toyota Prius warna putih masuk halaman Istana Merdeka. Mobil ini dinilai hemat karena hanya menggunakan BBM sebagai pemantik, sisanya menggunakan listrik untuk kinerja mesin. Lalu bagaimana tanggapan Presiden?

"Positif responnya pada mobil hybrid. Presiden minta agar harganya sama dengan harga mobil biasa supaya banyak demand-nya," kata Johnny Dharmawan, Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk di parkiran Istana Negara, Selasa, 8 Mei 2012 malam.

Astra harus berbicara dengan prinsipal di Jepang. Produksi mobil itu belum tentu pada tahun ini. "Tidak sampai ke situ. Tetapi dengan adanya respons positif, kami cukup enak dengan produsen utama," kata dia.

Pemerintah mengharapkan mobil hybrid bisa diproduksi sendiri dengan kandungan lokal 80-90 persen. "Dan industri proses di sini sehingga efek dominonya banyak, lalu Presiden setuju," kata M.S. Hidayat, Menteri Perindustrian.

Hidayat melanjutkan, pemerintah ingin akhir tahun ini Astra sudah bisa memproduksi. "Hanya idealnya diberi tax allowance (kemudahan pajak) sedemikian rupa hingga harganya tidak terlalu tinggi disparitasnya," kata dia.

Tetapi, permintaan ini belum menjadi kesepakatan resmi pemerintah dengan Astra. "Sedang memikirkan supaya ke depannya pakai hybrid (untuk mobil dinas). Tetapi tidak eksklusif Astra, semua merk yang pakai hybrid akan kami gunakan," kata dia.

ARYANI KRISTANTI

Otomotif TerkaitToyota Jual RAV 4 Electric Rp 467 JutaSeri Keempat BMW Dirakit di IndonesiaBMW Luncurkan Dua Seri Terbaru X3Menyetir Satu Tangan Rawan CelakaFord Focus ST Dibanderol Rp 232 JutaJeep Bangun Pabrik di CinaDi Amerika, Mercedes Lebih Laku dari BMWJeffrey Siap Lakukan Perjalanan Keliling DuniaXenia Attivo dan Terios Raih Best Buy Award 2012Auto2000 Buka Dealer Baru di Permata Hijau

#Mobil Nasional
#Lembaga Kepresidenan
#Susilo Bambang Yudhoyono | SBY

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi