TVS Bidik Penjualan 32 Ribu Unit Sepeda Motor
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 11 Juni 2012 17:41 WIB
TEMPO/Nita Dian

TEMPO.CO, Jakarta - PT TVS Motor Company Indonesia menargetkan penjualan sebanyak 32 ribu unit sepeda motor pada tahun fiskal 2012. Target ini meningkat hampir 100 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 15 ribu unit kendaraan.

“Sekarang kami fokus membangun brand dan jaringan,” kata R. Anandakhrisnan, Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia, Senin, 11 Juni 2012. Untuk menggenjot target penjualan, selain membangun citra produk lewat iklan, TVS juga akan memperkuat jaringan melalui lembaga pembiayaan.

Saat ini, daerah yang menjadi pendorong penjualan produsen sepeda motor asal India ini adalah Kalimantan Barat dan Lampung. Di kedua provinsi ini, rata-rata setiap bulan TVS berhasil menjual sebanyak 500 produk, khususnya tipe bebek.

Kepala Penjualan TVS Indonesia Willy Cengappa menuturkan tahun ini pihaknya akan menambah 20 jaringan dealer baru, khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Saat ini, TVS di seluruh Indonesia memiliki jaringan dealer hingga 150 unit yang tersebar di 27 kota. Willy memperkirakan setiap penambahan satu unit dealer membutuhkan investasi sebesar US$ 100 juta.

Hingga Juni 2012, TVS sudah berhasil menjual sebanyak 12 ribu unit sepeda motor. Willy mengaku tidak khawatir dengan pemberlakuan regulasi mengenai ketentuan minimum uang muka oleh Bank Indonesia. Menurut dia, pelanggan TVS rata-rata sudah membayar uang muka di atas 20 persen.

Untuk pengenalan merek kepada masyarakat, TVS mengalokasikan dana sebesar Rp 30 miliar. Menurut dia, dana ini akan digunakan untuk beriklan di sejumlah media. Mereka ingin mengubah kesan TVS sebagai sepeda motor Cina.

TVS sudah menginvestasikan dana sebesar US$ 150 juta untuk pembangunan pabrik di Karawang, Jawa Barat. Pabrik berkapasitas produksi hingga 300 ribu unit per tahun ini melayani kebutuhan ekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

Hari ini, TVS merilis produk terbaru mereka, yaitu TVS Apache All New RTR Series 160 cc dan 180 cc. Pada November mendatang, mereka juga akan merilis TVS Apache ABS. Pada April 2013, pabrikan India ini akan merilis sepeda motor tipe matic.

I WAYAN AGUS PURNOMO

#Sepeda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi