Agustus, VW Rampungkan Pembelian Porsche
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 5 Juli 2012 12:30 WIB
Volkswagen AG. wiki

TEMPO.CO, Berlin - Produsen mobil terbesar di Jerman, Volkswagen AG, segera merampungkan pengambilalihan kepemilikan pabrikan kendaraan mewah Porsche, Agustus 2012. Pembelian 49,9 persen saham Porsche ini diperkirakan menelan dana US$ 5,56 miliar atau sekitar Rp 52,2 triliun.

Proyek akuisisi Porsche yang dilakukan sejak 2009 ini sebelumnya tersandung masalah hukum korporasi dan pungutan pajak senilai 1,5 miliar euro. Namun, tahun ini, jalan Volkswagen dipastikan mulus setelah Porsche mengumumkan untuk menjual saham tanpa pajak. Pembelian saham ini pun maju dari target yang ditetapkan Volkswagen pada 2014.

"Percepatan integrasi ini membuat kami bisa melaksanakan proyek pengembangan mobil bersama dalam waktu dekat," kata Direktur Keuangan Volkswagen Hans Dieter Poetsch, seperti dikutip dari Reuters, 5 Juli 2012.

Akuisisi Porsche ini ditargetkan bisa menambah pendapatan Volkswagen sebesar 9 miliar euro. Integrasi dua produsen mobil terbesar di Eropa ini pun mendorong penghematan ongkos produksi sekitar 700 juta euro per tahun dan bisa menghapus utang 2 miliar euro secara bertahap.

Volkswagen pun akan mengendalikan beberapa merk mobil ternama Eropa, seperti Audi, Skoda, Bentley, Buggati, Scania, VW Commercial, VW Passenger, Lamborghini, Seat, dan Porsche.

FERY FIRMANSYAH

#Akuisisi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi