Mobil Listrik Masih Butuh Dua Perbaikan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 16 Juli 2012 14:41 WIB
Mobil Listrik Depok di parkir di depan Balai Kota Depok, Jumat 13-7, 2012. Tempo/Ilham Tirta

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil listrik pertama buatan putra bangsa masih butuh perbaikan sebelum resmi diluncurkan pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional awal Agustus depan. “Sistem elektronik dan kinerja mesin masih harus diperbaiki,” kata perancang mobil listrik nasional, Dasep Ahmadi, Senin, 16 Juli 2012. 

Rencananya, mobil bercat hijau ini akan dipamerkan untuk umum Agustus nanti.  Uji coba dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan hari ini, kata Dasep, bukanlah tes kelaikan yang sesungguhnya. “Soalnya hanya melaju pelan,” kata Dasep. 

Mobil listrik Ahmadi digerakkan oleh motor listrik berkekuatan 50 tenaga kuda. Secara teori, mobil ini bisa melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam, namun bisa dioptimalkan hingga 120 kilometer per jam.

Energi gerak motor didapatkan dari baterai litium ion, teknologi yang dipakai sehari-hari pada telepon seluler. Mobil ini baru mendapatkan baterai yang diimpor dari Amerika Serikat seminggu lalu. Sebanyak 34 sel baterai ditanamkan di dalam mobil berkapasitas penumpang empat orang ini. Jumlah sel ini lebih sedikit ketimbang rancangan sebelumnya yang sebanyak 36 baterai.

ANTON WILLIAMBerita Terpopuler:Megawati Kehilangan Avanza di Monas Jokowi-Ahok Diserang Kampanye SARAJokowi Hanya Punya Rp 15 Juta untuk ''Mengebom''  Berkah Jokowi Cium Tangan Taufiq KiemasBesok, Dahlan Iskan Ngantor Dengan Mobil ListrikAnas Urbaningrum Pakai Kaos MasdemDahlan Akui Perintahkan Pergantian Direksi MerpatiDahlan Iskan: Semua Direksi Sarinah PerempuanSBY Minta Sutiyoso Bantu FokeAksi Jokowi Menggerus Basis Pemilih Foke

#Mobil Nasional
#Dahlan Iskan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi