Dahlan Jajal Mobil Listrik, Esemka Dikebut  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 16 Juli 2012 18:38 WIB
Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjajal mobil SUV Esemka Rajawali 1.5i buatan SMK Negeri 6 Malang yang menggunakan BBM limbah plastik temuan SMK Negeri 3 Kota Madiun. Tempo/ISHOMUDDIN

TEMPO.CO, Surakarta - Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menargetkan bisa merilis mobil Esemka pada 17 Agustus mendatang. Proses perbaikan mobil di kawasan industri Cikarang terus dikebut agar bisa segera menjalani uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong.

"Kami harapkan satu hingga dua pekan ini Esemka bisa kembali menjalani uji emisi,” kata Rudyatmo, Senin 16 Juli 2012. Jika berhasil lulus, pihaknya juga akan segera mendaftarkan mobil itu agar bisa memiliki kelengkapan surat-surat sehingga mobil itu bisa dirilis tepat di hari kemerdekaan.

Saat ini kendaraan rakitan pelajar tersebut sedang berada di Cikarang untuk dirombak. “Tim teknis sedang merombak bodi agar lebih ringan,” katanya. Bobot mobil yang mencapai lebih dari 2 ton dituding menjadi penyebab kegagalan uji emisi yang dilakukan pada Februari lalu.

Rudyatmo menegaskan, dikebutnya proses perbaikan itu bukanlah upaya untuk penyaingi mobil listrik yang saat ini digunakan oleh Dahlan Iskan. “Momentum ulang tahun kemerdekaan memang menjadi momentum yang baik,” katanya. Baik mobil Esemka ataupun mobil listrik bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencintai produk dalam negeri.

Direktur Pengembangan dan Operasional Solo Technopark, Gampang Sarwono, menyebutkan jika perbaikan mobil Esemka sudah mencapai 90 persen. “Pekan ini bisa selesai karena tinggal pengecatan bodi saja,” katanya. Mereka sudah tidak lagi melakukan perubahan pada mesin yang dianggapnya sudah cukup sempurna.

Dia menjelaskan, mobil Esemka telah menjalani perubahan desain. “Sekarang ukuran mobilnya lebih kecil,” katanya. Bobot mobil yang semula lebih dari 2 ton itu sudah bisa dipangkas hingga tinggal 1,3 ton.

AHMAD RAFIQ

Berita lain:Serba-serbi Dahlan IskanGaya Dahlan Iskan ''Kerjai'' Bupati SubangDahlan Iskan Kepincut Mentimun SubangDahlan Beri Hadiah Avanza ke KaryawannyaDahlan Beri Hadiah Rp 50 Juta ke Karyawan GemukDahlan Iskan Jadi Primadona Ibu-IbuDahlan Iskan: 70 Persen BUMN Konstruksi Main SogokMusuh Dahlan di KabinetDPR Recoki Dahlan Iskan

#Mobil Nasional
#Dahlan Iskan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi