Pedal Gas SUV Mazda dan Ford Bermasalah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 Juli 2012 22:53 WIB
carscoop.blogspot.com

TEMPO.CO, Detroit - Regulator keselamatan transportasi Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administrator/ NHTSA) menyelidiki potensi kerusakan pada pedal gas SUV Mazda Tribute dam Ford Escape. Hal ini dilakukan setelah lembaga itu menerima laporan kemacetan pedal gas yang berujung kecelakaan.

Dalam dokumen NHTSA disebutkan, investigasi dilakukan terhadap 730 ribu Ford Escape dan Mazda Tribute buatan 2001 hingga 2004. Dua SUV tersebut mengadopsi mesin enam silinder bertenaga besar. Celakanya, tuas penambah akselerasi mobil itu kerap macet dan tak bisa kembali ke kondisi netral meski si pengemudi sudah melepaskan injakannya.

Masalah ini pun berbuah bencana. Dari 99 laporan yang diterima NHTSA disebutkan kemacetan pedal gas mobil ini menyebabkan 13 kasus tabrakan dengan 1 korban jiwa dan 9 luka berat. Karena itu NHTSA tengah mengkaji kemungkinan penarikan dua mobil bermasalah ini.

Temuan kecacatan komponen mobil marak terjadi belakangan ini. Hari ini NHTSA memutuskan untuk menarik 1.076 unit SUV crossover Nissan Juke buatan 3 Februari-26 Mei 2012 lantaran masalah pada jok bagian belakang. Tuas pengikat jok ini tak dilas dengan baik sehingga bisa menyebabkan dudukan penumpang lepas.

FERY FIRMANSYAH

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi