Kunci Bermasalah, Honda Tarik 871 Ribu Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 13 Desember 2012 11:54 WIB
Honda Odyssey (Dok. Honda)

TEMPO.CO, Detroit - Penarikan mobil bermasalah kembali terjadi. Kali ini Honda Motor Co menarik 871 ribu kendaraan di beberapa negara lantaran kerusakan pada fitur kunci otomatis, ignition interlock lever.

Kantor berita Reuters mengabarkan, recall dilakukan pada 318 ribu minivan Honda Odyssey, 230 ribu crossover Acura MDX, dan 259 ribu crossover Honda Pilot yang beredar di Amerika Serikat. Honda juga menarik 64 ribu varian lain yang memiliki fitur ignition interlock di luar Amerika.

Melalui keterangan tertulis, manajemen Honda mengatakan, kunci otomatis ignition interlock yang terdapat pada mobil tersebut gampang rusak. Akibatnya, mobil bisa nyelonong saat sudah diparkir.

Fitur ignition interlock berfungsi untuk mencegah pengemudi mematikan mesin dan mencabut kunci saat mobil belum terparkir dengan baik. Jika fitur itu itu rusak, mobil bisa nyelonong, meski kuncinya telah dicabut.

"Hal ini bisa menyebabkan kecelakaan," demikian pernyataan Honda, Kamis, 13 Desember 2012.

Pada Oktober 2012, otoritas keselamatan berkendara Amerika (NHTSA) memerintahkan Honda mengevaluasi fitur tersebut setelah menerima laporan dari 43 pengguna Odyssey dan Pilot. Mobil-mobil itu nyelonong saat diparkir dan baru berhenti setelah menabrak pohon, pagar, kotak surat, atau kendaraan lain. Seorang pengemudi Odyssey dilaporkan menderita patah tulang setelah mencoba menghentikan mobilnya.

Kasus kerusakan ignition interlock sebelumnya menimpa sedan Honda Accord, Civic, dan Elemen pada September 2012. Honda terpaksa menarik 428 ribu sedan tersebut di Amerika dan Kanada.

FERY FIRMANSYAH

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi