Mobil Listrik, Honda Tunggu Regulasi Pemerintah  
Reporter: Tempo.co
Editor: MC Nieke Indrietta Baiduri
Jumat, 31 Agustus 2012 08:51 WIB
Mobil Listrik Honda FIT EV. AP/Koji Sasahara

TEMPO.CO, Bandung - Direktur Marketing PT Honda Astra Motor Jonfis Fandy mengatakan Honda masih menunggu kelanjutan dari proyek mobil listrik pemerintah. "Kalau soal mobil listrik kami tunggu pemerintah dulu," kata Jonfis kepada Tempo di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 30 Agustus 2012.

Menurut Jonfis, pengembangan mobil tidaklah mudah. Perlu kesiapan infrastruktur terutama soal listrik untuk menyukseskan program mobil ramah lingkungan tersebut. "Butuh jaminan juga kalau kami mengisi ulang tenaga listrik tidak membuat listrik di rumah-rumah malah padam," ujarnya.

Masalah lain adalah keselamatan masyarakat. Soalnya, tidak sedikit korban yang mengalami luka akibat tidak tahu ada mobil listrik di sekitarnya. "Orang banyak tertabrak karena mobil itu tidak ada suaranya, jadi masyarakat tidak tahu ada mobil sedangkan pengendara merasa sudah berhati-hati," katanya.

Lantaran ini pula, mobil listrik di sejumlah negara tidak terlalu sukses. "Ada keluhan dari masyarakat terutama pejalan kaki," katanya.

Tambahan, mobil listrik belum memiliki regulasi yang pasti. Soalnya kebijakan tersebut bisa berganti seiring bergantinya pemerintahan.

DIMAS SIREGAR

Berita Lainnya:Wawancara Tina Talisa: Seperti Tsunami Bagi SayaPolitikus Demokrat Kesandung Dugaan KorupsiBalotelli Kencani Tiga Wanita SekaligusSoal Salah Pangkat, KPK Heran Polisi Telat Beri KabarTegur Anak Tidur, SBY Bakal Disurati Komnas AnakIndonesia Media Watch Laporkan TV One ke KPI

#Otomotif
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi