Ford Rilis All New Focus di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Kamis, 20 September 2012 21:19 WIB
Mobil All-New Ford Focus dipajang di kawasan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (8/8). TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta -Ford resmi merilis All New Ford Focus untuk dipasarkan di Indonesia. Menurut Managing Director PT Ford Motor Indonesia, Bagus Susanti, Focus terbaru ini hadir dengan sejumlah teknologi yang diklaim terlengkap di kelasnya. "Focus generasi baru ini menetapkan standar baru di kelasnya dengan kombinasi teknologi yang luar biasa," katanya di Kemayoran, Jakarta, Kamis, 20 September 2012.

Menurut Bagus, Focus diluncurkan di Indonesia karena pasar dalam negeri yang terus tumbuh tiap tahunnya. Bahkan, Indonesia merupakan pasar utama pabrikan Amerika Serikat itu di Asia Pasifik. "Indonesia juga merupakan pasar terbesar di ASEAN, dan keikutsertaan Ford dalam IIMS kali ini yang terbesar yang pernah dilakukan Ford," ujar Bagus.

All New Ford Focus dibanderol dengan harga Rp 324 juta hingga Rp 369 juta tergantung dengan varian mobil. Bagus mengatakan, mobil ini hadir dengan 4 varian, yaitu kelas hatchback bermesin DOHC 2.0 liter dan 1.6 liter dengan teknologi gasoline direct injection dengan sistem twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT). "Selain itu ada juga dua kelas sedan, yang juga menggunakan mesin dan teknologi yang sama," katanya.

Menurut Bagus, All New Ford Focus dilengkapi fitur andalan Focus, yaitu active park assists dan active city stop. Dua fitur itu disebutnya merupakan fitur yang pertama hadir di kelas hatchback dan sedan. "Dengan dua fitur itu, keamanan dan keselamatan pengemudi lebih terjamin," katanya.

Active car assists merupakan teknologi yang membantu pengemudi untuk memarkirkan mobilnya secara paralel. Pengemudi cukup mengaktivkan mode tersebut dan hanya mengatur kecepatan serta perpindahan transmisi. "Jadi tinggal injak gas dan rem saat sensor berbunyi, lalu pindahkan transmisinya untuk merapikan posisi mobil," kata Bagus.

Fitur active city stop disebut Bagus membantu pengemudi untuk menghentikan laju mobil saat berkendara di dalam kota. "Jadi mungkin ada pengendara yang perhatiannya teralih dan tiba-tiba mobil di depannya berhenti maka mobil akan berhenti dengan sendirinya," ujarnya.

Mobil itu juga dilengkapi fitur Ford Sync untuk membantu mengatur penyetelan musik yang diinginkan. Selain itu, fitur itu juga bisa membantu pengemudi untuk menelepon seseorang melalui perintah suara. "Jadi dengan fitur ini semua tinggal diperintah menggunakan suara, yang penting pengucapannya sesuai," ujar Bagus.

Focus sangat menjamin keselamatan penggunanya dengan penggunaan baja sebanyak 55 persen pada rangka badan mobil. Penggunaan rangka baja itu disebutnya telah memenuhi standar keamanan di seluruh pasar dunia untuk peraturan keselamatan tabarakan. "Bahan ini juga canggih karena meminimalisir bobot kendaraan yang membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat," katanya.

DIMAS SIREGAR

Berita TerpopulerEmpat Pabrikan Mobil Siap Luncurkan Tipe ''Hijau''  Mitsubishi Mirage Ramaikan Persaingan Mobil KotaGaikindo: Awal September, Penjualan Mobil LesuJepang Belum Akan Pindahkan Pabrik ke IndonesiaPenjualan Mobil di Kuartal III Melemah

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi