Volkswagen Hadirkan SUV Tiguan di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Senin, 24 September 2012 20:48 WIB
REUTERS/Christian Charisius

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen, kembali menghadirkan mobil terbarunya di Indonesia. Menurut Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor, selaku pemegang merek VW di Indonesia, Andrew Nasruri, mobil terbaru tersebut adalah SUV Volkswagen Tiguan.

“Dua mobil ini merupakan bentuk nyata inovasi kami dalam menghadirkan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Andrew saat peluncuran Tiguan dan Scirocco di Kemayoran, Jakarta.

Menurur Andrew, mobil baru Volkswagen tersebut sudah mengadopsi sistem keamanan 5 EURO NCAP. Fitur itu disebut merupakan fitur standar yang diterapkan pabrikan Jerman itu terhadap semua produk yang dipasarkan. “Dan hadirnya model ini merupakan bentuk semangat Volkswagen untuk terus berkontribusi di industri otomotif Indonesia,” katanya.

Volkswagen menyematkan Tiguan dengan mesin 2.0 liter TSI yang juga digunakan oleh VW Golf. Dengan penggunaan mesin tersebut, kata Andrew, mobil super utilities vehicle itu menghasilkan tenaga yang cukup besar ditunjang dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.

“Rata-rata mesin tersebut menghabiskan 5 liter untuk jarak tempuh 100 kilometer,” kata Andrew.

Mobil SUV Compact itu juga disebut Andrew mampu menghasilkan tenaga sebesar 210 HP dan mampu menghasilkan akselarasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,9 detik. “Kami membidik masyarakat urban yang dinamis dan memiliki aktivitas yang padat,” kata dia.

Tiguan juga dihadirkan oleh Volkswagen dalam versi kapasitas mesin yang lebih kecil, yakni 1.4 liter TSI. Meski begitu, fitur dan tampilan kedua mobil tersebut tidak banyak berbeda, yakni sama-sama memiliki panoramic sunroof, xenon headlight, dan pelek berukuran 18 inci. “Garis desain mobil ini juga sama dengan saudaranya tuanya yang lebih besar, yakni Touareg,” kata Andrew.

Andrew mengatakan Tiguan akan mulai dipasarkan pada Januari 2013 mendatang. VW membanderol mobil barunya itu dengan harga Rp 650 juta untuk Tiguan bermesin 2.0 liter Tsi. Sedangkan untuk yang bermesin 1.4 TSI akan dilepas dengan harga Rp 399 juta.

“Tapi penawaran itu merupakan harga istimewa yang hanya berlaku saat pelaksanaan Indonesia International Motor Show saja,” kata dia.

DIMAS SIREGAR

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi