Lewati Target, Penjualan Mobil Tahun Ini 1 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Kodrat setiawan
Selasa, 25 September 2012 06:11 WIB
Antrian mobil yang terjebak di kemacetan Jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, (17/08). 17 dan 18 Agustus diprediksi sebagai titik puncak arus mudik bagi ummat muslim yang akan merayakan Lebaran di Kampung halaman masing. TEMPO/Seto Wardhana.

TEMPO.CO , Jakarta: Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan pada 2012 penjualan mobil diperkirakan bisa mencapai 1 juta unit. Padahal sebelumnya penjualan mobil tahun ini diperkirakan sekitar 900 ribu unit.

Budi mengatakan dengan perkembangan ini, penjualan 2 juta unit bisa mobil dicapai sebelum 2020. Percepatan ini bisa terjadi jika GDP terus meningkat dan infrastruktur jalan terus bertambah.

"Kalau GDP terus meningkat setinggi Thailand dan Malaysia, dan pembangunan jalan tol bagus, pada 2018 penjualan bisa mencapai 2 juta," kata Budi Darmadi di Indonesia International Automotive Conference "Low Carbon Emission Mobility" di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Senin, 24 September 2012.

Meskipun permintaan tinggi, Budi melihat pasokan mobil dari industri di dalam negeri masih terbatas. Karena itu pemerintah memberikan berbagai insentif untuk menarik investasi di industri otomotif.

Industri kendaraan beremisi rendah misalnya diberi insentif diskon pajak badan yang totalnya sebesar 30 persen dalam 6 tahun. Selain itu bebas bea masuk untuk mesin, bahan mentah dan atau komponen yang tidak diproduksi di Indonesia selama 2 tahun serta bebas pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM).

Selain itu pemerintah menyiapkan beberapa insentif untuk industri low cost green car. Di antaranya adalah bebas bea masuk untuk bahan baki dan komponen yang tidak diproduksi di Indonesia. Namun dalam 5 tahun diwajibkan kandungan produk dalam negeri sudah mencapai 40 persen.

Pemerintah juga saat ini sedang mengkaji pengurangan PPnBM untuk LCGC. Diskon pajak ini akan beragam tergantung penggunaan komponen dalam negeri, emisi kendaraan dan energi yang bisa dihemat.

BERNADETTE CHRISTINA

Berita lain:KIA Indonesia Luncurkan All New Kia SorentoBoediono Buka Indonesia International Motor Show  Ford Rilis All New Focus di Indonesia  Bajaj-Kawasaki Kerjasama Untuk Pasar IndonesiaToyota dan Daihatsu Luncurkan Mobil Murah  

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi