Hari Ini, ASEAN-India Car Rally Digelar di Yogya
Reporter: Tempo.co
Editor: MC Nieke Indrietta Baiduri
Senin, 26 November 2012 09:27 WIB
Ilustrasi reli mobil. Playfire.com

TEMPO.CO, Yogyakarta - Sebanyak sepuluh negara anggota Association of Southeast Asian Nations dan India hadir di Yogyakarta untuk mengawali ASEAN-India Car Rally 2012 di Yogyakarta, Senin, 26 November 2012.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, I Gusti Agung Wesaka Puja, mengatakan kegiatan itu tak sekadar untuk meningkatkan kerja sama di bidang politik antara negara ASEAN dan India, tapi juga di bidang ekonomi, sosial, dan sosial-budaya. "Agar ke depan hubungan itu semakin kuat," katanya, di Yogyakarta, Ahad, 25 November 2012.

Mengawali perjalanan dari Hotel Ambarukmo Yogyakarta, Senin hari ini, rombongan rally akan menuju Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Berikutnya, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Surakarta melewati Ketep.

Dari Surakarta, rombongan akan terbang ke Singapura untuk melanjutkan perjalanan ke sejumlah negara ASEAN lain, yakni Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, hingga berakhir di Guwahati, India, 20 Desember 2012 mendatang. Pemberhentian terakhir itu sekaligus bersamaan dengan digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi antara negara ASEAN dan India di New Delhi. "Peringatan 20 tahun hubungan ASEAN dan India," katanya.

Menurut dia, ASEAN-India Rally Car 2012 merupakan kali kedua digelar. Yang pertama digelar pada 2004, dengan rute sebaliknya. Rute berawal dari India dan berakhir di Batam, Indonesia.

Selain rally mobil, sebelumnya, dengan menggunakan kapal perang Sudarsini, India telah mengunjungi sejumlah daerah di Indonesia, yakni Padang, Bali, dan Manado, serta sejumlah negara ASEAN lain pada bulan lalu. "Sekarang (kapal itu) sedang mengunjungi Brunei," kata Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh.

ANANG ZAKARIA

Berita Lainnya:Jokowi-Ahok Persiapkan Audiensi MRT ke Wapres India Nilai Indonesia Pasar Penting Produk MotorJokowi Ogah Lama-lama Putuskan Nasib Monorel Laga Indonesia Kontra Laos Jadi Trending Topic Iwan Fals Tak Pengin Ikuti Jejak Rhoma Nyapres

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi