5 Mobil Terbaik Tahun Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 12 Desember 2012 04:05 WIB
Toyota Camry Hybrid. Latesthybridcars.com

TEMPO.CO , Jakarta - Tahun 2012 sebentar lagi berakhir. Banyak jenis mobil dari berbagai kelas keluar dari pabrikan. Manakah yang terbaik?

Lembaga konsumen penerbit majalah Consumer Report yang berbasis di Amerika Serikat mengeluarkan hasil uji mereka atas 260 unit berbagai mobil yang sudah keluar tahun ini. Mereka memilih yang terbaik dari berbagai kategori.

Ada tiga kriteria yang ditetapkan dalam penggujian. Pertama, tes jalan. Dalam tes ini, mobil diuji kelaikan jalannya. Hanya mobil yang menduduki peringkat atas hasil tes yang dipilih. Keduan, keandalan.  Tiap mobil dites sesuai dengan keluhan umum dari 1,3 juta pelanggan Consumer Reports yang mengikuti survei tahunan.

Para meter uji ketiga adalah keselamatan. Mobil dites dalam kecelakaan mengguling atau dilakukan standar tes yang ditetapkan pemerintah atau industri asuransi. Berikut adalah 5 mobil terbaik berdasarkan kelasnya dari hasil uji tersebut:

Mobil terbaik untuk kelas sedan keluarga adalah:

Toyota Camry HybridKonsumsi bahan bakar Camry Hybrid lebih baik daripada beberapa sedan hibrida yang lebih kecil. Nilai plus lainnya adalah kenyamanan, kabin yang lapang, akselerasi cukup cepat, dan interior lebih bagus.

Mobil terbaik untuk kelas mobil sport adalah:Ford Mustang Mobil sport selalu idetik dengan akselerasi yang kuat dan daya mesin yang besar. Dengan mesin berkapasitas 5.0-liter V8 tipe coupe GT, hasil uji tidak mengecewakan. Akselerasi cepat, suara knalpot yang besar, dan bahan bakar yang ekonomis di kelasnya .

Mobil terbaik untuk kelas mobil ramah lingkungan atau green car adalah:

Toyota Prius Prius memiliki standar yang baik untuk perpaduan efisiensi bahan bakar, kepraktisan, dan keterjangkauan. Konsumsi bahan bakarnya mencapai setara 44 mil per galon dengan lima penumpang. Selain itu, interiornya lapang, nyaman, dan fleksibel. Sayang, mobil listrik sekarang masih ribet soal pengisian energinya dan harganya belum terjangkau.

Mobil terbaik untuk kelas sedan murah adalah:

Hyundai Sonata Hyundai Sonata empat silinder adalah pilihan yang lumyan terjangkau daripada Toyota Camry Hybrid. Dengan harga kurang dari US $ 22.000 (sekitar Rp 210 juta) , Sonata menyediakan ruang yang lapang, akselerasi lembut, gesit, dan hemat bahan bakar. Meskipun seperti sedan coupe, Sonata masih menyediakan kursi belakang yang layak.

Mobil terbaik untuk kelas small SUV adalah:

Toyota RAV4 Dengan perpaduan kinerja, bahan bakar lumayan ekonomis, dan fleksibilitas, Toyota RAV4 adalah SUV kecil yang paling lumayan. Interiornya lapang, akselerasi nyaman, dan responsif, serta handal baik. Dengan mesin empat silinder, RAV4 memberikan tenaga terbaik di kelasnya. Dengan mesin versi V6 membuatnya seperti sedan sport .

CONSUMERREPORTS | NUR ROCHMI

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi