Chevrolet Aveo Bidik Pasar Balikpapan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Jumat, 21 Desember 2012 18:45 WIB
thecarconnection.com

TEMPO.CO, Balikpapan - Agen pemegang merek Chevrolet, PT General Motors (GM) Indonesia, memperkenalkan All New Chevrolet Aveo di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, 21 Desember 2012. Mobil city car family ini mampu terjual 20 unit per bulan di Balikpapan. “Kami sudah melepas empat unit dan masih inden enam unit lagi,” kata Manajer Cabang Chevrolet Balikpapan, Bakti Rahmono.

Mobil ini juga diperkenalkan untuk umum di E-Walk Balikpapan Superblock. Harga ditawarkan mulai dari Rp 188 juta. Menurut Bakti, masa inden paling lama dua minggu bila mobil yang dibuat di perakitan Chevrolet di Thailand sudah ada di Jakarta. Tapi, bila masih menunggu pengiriman dari Thailand, paling lama 45 hari tiba di Balikpapan.

“Kalimantan Timur, Balikpapan terutama, juga Samarinda, adalah pasar terbesar kami,” ujar Aripul Amri, penasihat penjualan di kantor cabang Chevrolet Balikpapan.

Dengan Aveo baru ini, Chevrolet siap bersaing dengan merek-merek lain yang juga menghadirkan sedan mungil hatchback seperti Daihatsu Sirion, Honda Jazz, Suzuki Swift, atau Ford Focus.

Juru bicara General Motors Indonesia, Vanda Kusumaningrum, mengatakan pasar mobil untuk anak muda perkotaan masih terbuka luas. “Aveo ini dirancang sebagai mobil pertama bagi mereka yang berada pada usia 20-35 tahun, mungkin masih lajang, atau baru berkeluarga, dan punya mobilitas tinggi,” tutur Vanda.

Kesenyapan kabin menjadi salah satu andalan Aveo baru ini. Dengan kabin yang menyerap sedemikian rupa kebisingan dari luar mobil, anak muda bisa memasang perangkat audio dan menikmati musik sambil berkendara secara maksimal.

Selain perangkat keselamatan standar seperti kantong udara, sabuk pengaman untuk keempat penumpang, Aveo dilengkapi rangka monocoque mobil berpenggerak roda depan. Rangka diperkuat secara khusus di bagian samping sehingga mampu menahan benturan dari sisi kiri atau kanan mobil dan menyelamatkan penumpang di dalamnya.

“Itu khas mobil-mobil Amerika-Eropa, di mana keselamatan orang adalah hal yang utama,” kata Vanda.

Chevrolet All New Aveo menggunakan mesin GM 1.4 L dengan poros bubungan ganda yang menghasilkan tenaga 100 ekor kuda pada putaran mesin 6.000 kali per menit (rpm). Menurut Aripul, mesin ini kapasitasnya lebih kecil daripada Aveo lama yang 1.500 cc, namun dengan lebih efisien menghasilkan daya lebih besar.

“Konsumsi bahan bakarnya, kami pernah bawa mendaki ke Gunung Bromo di Jawa Timur, 1 liter untuk 11 km. Jalan mendaki lo itu,” tutur Vanda.

Tenaga mesin tadi disalurkan melalui empat percepatan maju dan satu mundur untuk tipe LS dan enam percepatan pada transmisi otomatis.

SG WIBISONO

#Otomotif
#Chevrolet

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi