Banjir Jakarta, Penjualan SUV Kian Moncer
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Minggu, 27 Januari 2013 07:54 WIB
Setelah tahun lalu Ford mengeluarkan mobil Ford Fusion MKZ, kini dalam pameran Detroit Motor Show 2013, Ford mengenalkan mobil SUV crossover terbarunya dari Lincoln yaitu Ford Lincoln MKC. telegraph.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta--Banjir yang melanda kawasan Ibu Kota dan sekitarnya membuat ribuan mobil menjadi korban. Nyaris setiap hari mobil-mobil dari keluaran teranyar hingga lawas terpaksa diderek ke bengkel. Agar aktivitas tak tertunda, tak ada salahnya memilih mobil yang tepat saat banjir tiba.

Di antara sekian banyak jenis mobil, menurut Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Jongkie D. Sugiarto, konsumen mulai melirik kendaraan sport utility vehicle (SUV) untuk melibas genangan air di Jakarta. Ia menyatakan mobil SUV didesain lebih tinggi dibanding sedan ataupun kendaraan keluarga serbaguna (MPV).  

Di antara beragam SUV, salah satunya adalah besutan pabrikan otomotif asal Jepang, Subaru. Menurut Manajer Pemasaran PT TC Subaru Anita Aditya, Subaru mengeluarkan varian anyar berseri XV. "Mobil ini didesain untuk tahan di berbagai medan," katanya ketika dihubungi Tempo.

Dalam peluncuran di Malaysia akhir bulan lalu, seri XV adalah crossover yang menggabungkan SUV dengan sedan. Dengan ground clearance setinggi 22 sentimeter, XV dilengkapi teknologi all-wheel drive, yang menggerakkan semua roda.

"Kami yakin XV bisa bersaing dengan SUV sejenis lainnya," kata Glenn Tan, Direktur Eksekutif Tan Chong International Limited. Tan Chong adalah induk perusahaan Motor Image, yang merupakan distributor resmi Subaru di Indonesia, Singapura, Kamboja, Filipina, Cina selatan, Taiwan, Thailand, dan Malaysia. Di Jakarta, harga Subaru XV on the road akan dibanderol Rp 338-359 juta.

Manajer Pemasaran PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijana mengimbuhkan, SUV kelas medium kian diminati konsumen. "Pasar SUV masih menjadi tren karena pemain yang memenuhi pasar cukup banyak. Ini membuat segmen SUV terus berkembang," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sejak pertengahan tahun lalu, Mazda meluncurkan SUV anyar seri CX-5. Mobil ini dilengkapi teknologi Skyactiv dan rancangan Kodo-soul of Motion. Teknologi Skyactiv bertujuan mengurangi penggunaan bahan bakar. Adapun rancangan Kodo adalah, SUV ini dibuat lebih dinamis, stylish, dan sporty.

Produsen lainnya, yaitu Toyota, tak mau kalah. Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan mengatakan Toyota Fortuner tetap menduduki peringkat teratas yang diminati konsumen. Fortuner memang dirancang mampu menerjang genangan air hingga ketinggian 1 meter. "Ini jenis favorit," katanya ketika dihubungi.

Lantaran mampu melaju di segala medan, penjualan SUV pun kian menanjak. Johnny memperkirakan angka penjualan tahun ini bakal naik hingga 1,5 kali lipat. Adapun sepanjang semester pertama 2012, angka penjualan menembus 2.653 unit.

Mazda juga ikut menikmati gurihnya pasar SUV. Sepanjang Januari-November 2012, penjualan CX-5 sudah menembus 2.077 unit dari total penjualan 11.021 unit.

Johnny memperkirakan tahun ini, bersama MPV, SUV bakal menguasai 70 persen dari pangsa pasar mobil. "Tren ini akan berlangsung hingga beberapa tahun ke depan," ujarnya. Simak berita khas tempo.co tentang otomotif.

AMANDRA MUSTIKA | ANANDA W PUTRI | ANANDA TERESIA

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi