Honda Pangkas Proyeksi Laba Bersih
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Kamis, 31 Januari 2013 18:00 WIB
REUTERS/Issei Kato

TEMPO.CO, Tokyo - Produsen mobil asal Jepang, Honda Motor Co Ltd, mengumumkan akan memangkas proyeksi perolehan laba bersih sebesar 1,3 persen menjadi 370 miliar yen di tahun fiskal 2012-2013. Pemangkasan itu dilakukan akibat terganggunya penjualan di Cina, menyusul aksi protes antiproduk Jepang di Negeri Tirai Bambu. Honda juga masih harus berjuang akibat menurunnya pasar di Eropa akibat krisis finansial di kawasan tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, 31 Januari 2013, Honda membukukan kenaikan laba bersih di kuartal III tahun fiskal 2012-2013 sebesar 62,6 persen menjadi 77,4 miliar yen (US$ 849,94 juta) dari periode yang sama tahun lalu 47,7 miliar yen. Kenaikan laba didorong kenaikan penjualan di pasar Amerika Serikat dan melemahnya nilai tukar mata uang yen. Sehingga produk Honda menjadi lebih kompetitif di pasar luar negeri. Pasar Amerika menyumbang porsi terbesar dari penjualan ekspor Honda.

Meskipun naik, realisasi perolehan laba di kuartal III tersebut jauh lebih rendah dibandingkan estimasi tujuh analis yang disurvei Reuters yang memperkirakan perseroan bisa membukukan laba bersih sebesar 111,4 miliar yen. Pada periode yang sama tahun lalu, perolehan laba Honda lebih kecil karena terkena dampak tersendatnya pasokan akibat musibah banjir di pabrik penyedia di Thailand.

Awal pekan ini, Honda mengumumkan realisasi penjualan mobil di 2012 sebanyak 3,82 juta unit, atau naik 19 persen dari 2011. Perseroan menyatakan telah pulih dari dampak musibah gempa dan tsunami di Jepang pada 2011. Realisasi itu menjadikan Honda sebagai produsen mobil asal Jepang terbesar ketiga setelah Toyota dan Nissan.

Pada pertengahan Desember 2012, Honda juga mengumumkan penarikan kembali sebanyak 871 ribu unit mobil akibat masalah pada kunci otomatis. Permasalahan itu yakni roda mobil masih tetap bisa menggelinding meskipun kunci kontak telah dicabut. Model-model yang ditarik di antaranya kendaraan sport utility vehicle (SUV) dan minivan.

REUTERS | ABDUL MALIK

Berita Terpopuler Lainnya:Skandal Suap PKS, Ada Wanita Sedang BermesraanKurir Suap Daging Ditangkap Bersama Gadis MudaTersangka Suap Daging PKS Sewa Gadis Rp 10 Juta?Gratifikasi Seks? Presiden PKS TersenyumPresiden PKS Jadi Tersangka Suap Impor Daging

#Kinerja Keuangan Emiten
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi