Mobil General Motors Diklaim Hemat Bahan Bakar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Selasa, 12 Maret 2013 18:49 WIB
Chevrolet Cruze (Dok. General Motors)

TEMPO.COHouston - Mobil produksi General Motors produksi periode 2011-2017 diperkirakan dapat menghemat 12 miliar galon bahan bakar karena berat mobil dikurangi sebesar 15 persen. Langkah ini merupakan kebijakan perusahaan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan.

"Industri harus memiliki peranan penting dalam masa depan energi di Amerika Serikat," kata Pemimpin dan CEO General Motors Dan Akerson pada konferensi energi di Houston, Selasa, 12 Maret 2013.

Akerson mengatakan penurunan berat kendaraan sebesar 10 persen dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 6,5 persen. General Motors sendiri menargetkan bisa mengurangi berat kendaraan sebesar 15 persen.

Selain itu, General Motors akan menggunakan mesin diesel yang ramah lingkungan, misalnya dalam mobil Chevrolet Cruze B20. "Kami juga akan meningkatkan efisiensi mesin dengan menggunakan beberapa teknologi seperti injeksi langsung dan deaktivasi silinder (cylinder deactivation)," katanya.

Akerson mengatakan komitmen ini akan membantu meningkatkan efisiensi energi serta menghemat 675 juta barel minyak. Jumlah ini setara dengan impor minyak Amerika dari Teluk Persia pada 2011. General Motors akan meningkatkan penggunaan gas alam sebagai bahan bakar. Berdasarkan data perusahaan, General Motors telah mengurangi konsumsi energi sebesar 6 persen dari 2009 sampai 2011.

ENVIRONMENTALLEADER.COM I ANANDA TERESIA

#Otomotif

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi