Hyundai Luncurkan Mobil `Telur`
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Senin, 8 April 2013 19:06 WIB
Untuk menjawab tantangan kemacetan di kota besar yang semakin menggila, seorang desainer merancang mobil untuk satu orang bernama The CityEgg. Ukurannya yang kecil akan memudahkan mobil ini melaju di jalanan yang padat. carbuzz.com

TEMPO.CO, Seoul - Setelah kendaraan personal macam Segway besutan Toyota, dan Ropits buatan Hitachi, kini Hyundai juga menggagas mobil kapasitas satu orang bernama E4U. 

Dalam ajang Seoul Motor Show pekan lalu, Hyundai memamerkan mobil ini. Berbeda dengan keduanya, E4U bentuknya seperti telur dan terlihat tanpa roda. Sesuai bentuknya, nama E4U ini memang mengambil akronim dari teknologi yang hendak ditawarkan. Yakni Evolution, Electricity, Eco-friendliness dan Egg (telur).

Pengendara mengemudikan mobil ini dengan berdiri, seperti Segway. Pengedara seperti masuk dalam sebuah telur namun dalam posisi berdiri. Sekilas, tampak pengendara seperti orang yang baru menetas dari sebuah telur. 

Gagasan mobil kecil ini terinspirasi jalanan perkotaan yang kian sempit dan lahan parkir yang minim. Pengendara bisa mengemudikannya dengan tetap memakai kaki untuk keseimbangan.

Berbeda dengan kendaraan umum yang memakai roda,kendaraan ini seperti telur yang mengelinding. Ini berkat metode pergerakannya yang 'berputar semispherical, sehingga yang terlihat bagian bawah telur itu terus berputar".

Saat kendaraan ini berhenti, maka posisinya akan tegak berdiri. Sedangkan saat melaju, maka pengemudi akan memiringkan badan sesuai dengan laju kendaraan. Kendaraan ini bisa digeber maksimal hingga kecepatan 30 km per jam. 

Mobil yang dikembangkan hanya dalam empat bulan ini sebenarnya tak sepenuhnya tanpa roda. Di bagian belakangnya ada dua tungkai kecil yang memiliki roda kecil. Fungsinya sebagai penyeimbang. Penyeimbang ini fungsinya seperti ekor dalam helikopter. Sedangkan bagian atasnya bisa dilepas dan dipakai pengendara, untuk keamanan seperti layaknya helm. 

Mobil telur ini bertenaga baterai listrik dengan kekuatan 500 watt. Namun, tak disebut berapa berat dan ukuran, serta harga dan kapan akan dilempar ke pasaran. 

NUR ROCHMI | DAILYMAIL | NEWYORKDAILY

Berita Terpopuler:3 Fakta Kapolda DIY Kontak Pangdam Sebelum Insiden  SBY Keseleo Lidah, Mencoreng Jadi MenggorengPolisi Endus Penyerang Cebongan dari Ponsel?Pangdam Diponegoro Serahkan Jabatan Besok  Pilkada Palembang, Romi - Harno Unggul Sementara

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi