Ini Mobil Toyota Paling Mahal
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Jumat, 17 Mei 2013 10:32 WIB
REUTERS/Christian Hartmann

TEMPO.CO, California--Apakah mobil Toyota termahal? Ternyata bukan mobil buatan Toyota terbaru. Justru Toyota seri lawas yang menjadi mobil termahal. Dialah Toyota 2000GT. Mobil yang diproduksi hanya 351 unit ini dibandrol US $ 1,2 juta oleh rumah lelang asal Kanada, RM Auctions atau sekitar Rp 11,6 miliar. Walaupun mahal, mobil ini tetap laku oleh pembeli dari California.

Mobil yang dirilis 45 tahun lalu ini sebenarnya hendak menyaingi Jaguar Tipe E. Dengan mesin kapasitas 2,0 liter enam silinder, mobil ini bisa membawa dua penumpangnya dengan kecepatan maksimal 217 km per jam.

Saat pertama dibuat, mobil ini dibandrol US $ 7 ribu. Harga ini saat itu lebih mahal dari pada Porsche 911 dan Jaguar Tipe E. Namun hal ini dinilai setimpal. Majalah Road and Track menulis, mobil ini sebagai salah satu mobil yang menarik dan menyenangkan untuk dikemudikan.

Mobil ini memang langka. Dari total produksinya, hanya 62 unit yang dikapalkan keluar Jepang. Kini, mobil ini masuk kategori layak dikoleksi.

Mobil ini juga punya jejak di arena balap. Pada Grand PRix Jepang 1966, Toyota 2000GT mencapai finih nomer tiga. Pada Balapan 24 jam Fuji 24, mobil ini malah juara satu. Di dunia hiburan, mobil ini juga sempat berlaga, Saat aktor Sean Conery membintangi film James Bond 'You Only Live Twice', Toyota memproduksi 2 unit versi convertible, alias atapnya yang terbuka. Maklum, Sean terlalu tinggi posturnya sehingga susah masuk ke dalam mobil versi sedan.

DRIVE | NUR ROCHMITopik terhangat:PKS Vs KPK | E-KTP | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

Baca juga:Honda Luncurkan Mobil Murah Agustus?Honda CRZ Tembus Pasar DaerahBMW Seri 3 Tak Kena Recall di IndonesiaCB 150 R Dorong Pasar Motor Sport Honda

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi