Volvo Siapkan Mobil yang Bisa Parkir Sendiri
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Rabu, 26 Juni 2013 09:34 WIB
Sistem canggih yang ada pada mobil Volvo menggunakan sebuah pemancar yang diaktifkan melalui aplikasi smartphone, sehingga pengemudi dapat mengintruksikan mobilnya untuk mencari dan parkir hanya melalui sebuah smartphone. drive.gr

TEMPO.CO, Jakarta - Teknologi berkembang kian pesat dan semakin menyatu belakangan, termasuk di dunia otomotif. Beberapa pabrikan telah mengembangkan mobil yang bisa menyetir sendiri. Kini, pabrikan asal Swedia, Volvo mengembangkan mobil yang bisa parkir sendiri. Mereka menyebutnya sebagai Autonomous Parking.

Senior Safety Advisor Volvo Thomas Broberg mengatakan mobil cerdas ini akan bisa mencari ruang kosong yang bisa buat parkir tanpa perlu sopir. Pengguna bisa menggunakan kembali mobilnya dengan proses yang dibalik. Mobil akan mencari pengguna yang terhubung oleh aplikasi tertentu.

Kelak, mobil ini dikendalikan melalui ponsel jika dilengkapi aplikasi tertentu. Volvo tak menyebut aplikasi dari OS yang kompatibel dengan mobil ini.

Tak cukup hanya itu saja, mobil ini bisa berinteraksi dengan mobil lain, trotoar, dan pengguna jalan lain. Selama ini teknologi sensor telah digunakan pada kendaraan untuk menjaga jarak dari kendaraan lain atau benda tertentu.

Namun mobil yang dikembangkan Volvo ini masih jauh dari kenyataan. Broberg menyatakan, mobil ini paling cepat bisa dibuat pada penghujung 2014. Itupun terbatas pada mobil yang menjalankan Vehicle 2.0, teknologi yang bisa mengkomunikasikan infrastruktur jalan/gedung dengan mobil. Salah satu seri mobil yang kelak bisa menggunakan fitur ini adalah Volvo XC90.

NUR ROCHMI | MASHABLE

Topik TerhangatPKS Didepak? | Persija vs Persib | Puncak HUT Jakarta | Penyaluran BLSM

Otomotif LainnyaAudi Incar 25 persen Pasar SUV MewahCuma 80 Unit, Audi Q5 PI Dibanderol Hampir Rp 1 MKIA Akan Luncurkan Varian Terbaru Carens

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi