Panther, Mobil Amphibi Tercepat
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Rabu, 10 Juli 2013 16:01 WIB
Ini adalah favorit semua orang, mobil James Bond Lotus Esprit dalam film 'The Spy Who Loved Me'. telegraph.co.uk.

TEMPO.CO, California--Mobil amphibi pernah menghiasi film James Bond. Dalam film 'The Spy Who Love Me' edisi 1976, Roger Moore, pemeran Bond memakai mobil Lotus Esprit. Lotus adalah mobil yang bisa dikendarai di darat dan laut. Kini, mobil amphibi bukanlah sekedar fantasi. Beberapa pabrikan sudah membuatnya. Satu kendala adalah kecepatan. Umumnya kecepatan mobil di air biasanya lebih lamban dibanding kapal umumnya.

Namun satu pabrikan asal California, Amerika Serikat telah membuat mobil dengan kecepatan laiknya speedboat. WaterCar, nama perusahaan itu, telah membesut mobil bertampang Jeep yang bisa dikebut di darat dan laut. Namanya Panther. Di darat, mobil ini bisa mencapai kecepatan 80 mil per jam atau 150 km per jam. Di laut, Panther bisa melaju hingga 5 mil per jam, atau sekitar 72 km per jam. Ini sama seperti kecepatan speed boat. Selain itu, untuk ganti mode darat ke air, mobil ini juga hanya butuh waktu singkat, 15 detik.

Proses bersalin rupa ini juga mudah. Setelah persneling gigi dinetralkan, tombol 'jet drive' dipencet. Maka tungkai hidrolik akan mengangkat roda dan dari bawah mobil akan keluar ban, yang berfungsi sebagai 'pelampung' mobil.

Ini memang bukan mobil kemarin sore. Adalah Fred Selby, rekanan WaterCar, telah menghabiskan 11 tahun guna mengembangkan mesin ini sebelum dirilis ke pasar. Panther memiliki mesin Honda Acura berkapasitas 3,7 liter VTEC dengan 24 katup. Hasilnya, mesin Panther bisa memutar hingga 6.300 rpm dan memiliki 305 tenaga kuda. "Kemampuannya di darat dan air sama saja," ujar Selby, pengembang mobil ini.

Dengan panjang 4,6 meter, Panther bisa memuat empat orang. Harganya antara US $ 76 ribu hingga US $ 135 ribu (sekitar Rp 760 juta-Rp 1,35 miliar).

NUR ROCHMI | DAILYMAILTopik TerhangatRamadan| Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | Bencana AcehBerita Lain:LCGC Masuk Pasar, Harga Mobil Akan TurunTiap Tahun, Land Rover Investasi 2 Miliar PoundsPenjualan Motor Sport Tak Terpengaruh Mobil MurahFord Tarik 465 Ribu Mobil

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi