Jaguar Kembangkan Mobil Aluminium  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Selasa, 23 Juli 2013 11:52 WIB
Seorang model berpose di samping mobil terbaru dari Jaguar yaitu Jaguar XJ RS GT dalam pameran New York International Auto Show di New York, (27/3). Pameran ini dibuka dari tanggal 29 Maret hingga 7 April 2013. REUTERS/Lucas Jackson

TEMPO.CO, London - Pabrikan mobil mewah asal Inggris, Jaguar, dikabarkan akan meluncurkan model entry-level baru. Model yang akan diproduksi, menurut harian Financial Times, mencakup sedan kompak, wagon, dan crossover SUV. Model baru ini kemungkinan didominasi dari bahan aluminium. "Ini adalah lompatan besar untuk Jaguar," kata salah satu sumber yang dikutip harian itu.

Kantor berita Reuters, mengutip sumber lain menyebut, mobil-mobil baru akan mulai dijual pada paruh kedua 2015. Model baru Jaguar ini akan dibangun pada lini produksi yang sebelumnya digunakan untuk membuat Land Rover di pabrik Jaguar Land Rover di Solihull, Inggris tengah.

Model produksi Solihull cenderung memiliki konstruksi aluminium seperti yang digunakan untuk model terbaru Jaguar XJ. Jaguar Land Rover tahun lalu menandatangani kesepakatan dengan sebuah perusahaan Arab Saudi untuk membeli aluminium dari salah satu perusahaan terbesar di dunia smelter aluminium. Jaguar Land Rover berencana menanam investasi Rp 42,3 triliun tiap tahun selama empat tahun guna mengembangkan fasilitas baru.

Menurut analis otomotif dari firma riset IHS Christoph Stuermer, produk ini akan jadi pesaing BMW seri 3 dan Mercedes class C. Menurut Stuermer, cakupan pasar Jaguar kurang dari setengah pasar Land Rover sehingga mereka perlu melakukan sesuatu. "Ini ide yang logis untuk menggunakan momentum memperluas pasar Jaguar saat Land Rover lagi menanjak," ujarnya.

Penjualan Jaguar Land Rover naik 14 persen pada semester pertama 2013. Penjualannya sampai 210.190 unit. Pasar yang paling berkembang pesat adalah Cina.Versi murah dari Land Rover, Evoque SUV kecil dan Freelander saat ini antara model terlaris Jaguar Land Rover.

Seorang juru bicara Jaguar Land Rover mengatakan perusahaan itu tidak mau berkomentar rencana produk masa depan. Namun, menurut Reuters, Jaguar akan membuat pengumuman resmi tentang rentang baru di pameran mobil Frankfurt pada September nanti.

NUR ROCHMI|AUTONEWS

Berita TerkaitInilah Keunggulan yang Ditawarkan Volvo XC60Mitsubishi Outlander Kini Usung Mesin 1.800 cc MIVECPekan Depan, Kia Rio Terbaru Meluncur di IndonesiaMobil Mungil Ini Bisa Angkut 16 Orang3 Penyebab Pintu Mobil Sulit Ditutup

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi