Pabrik Baru Suzuki Bukan Hanya untuk LCGC
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Senin, 29 Juli 2013 18:47 WIB
TEMPO/Santirta M

TEMPO.CO, Jakarta -  4W Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy Tuilan, membenarkan rencana investasi pabrik Suzuki di Indonesia senilai Rp 10 triliun. Menurut dia, pabrik baru Suzuki ini akan digunakan untuk menggenjot kapasitas produksi, termasuk untuk memproduksi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).

“Pabrik tidak hanya untuk LCGC tapi untuk meningkatkan kapasitas produksi Suzuki secara keseluruhan,” katanya melalui pesan singkat pada Tempo di Jakarta, Senin, 29 Juli 2013. Davy membenarkan bahwa nilai investasi untuk pabrik ini mencapai Rp 10 triliun.

Davy mengatakan lokasi pabrik berada di Cikarang. Tapi, ia enggan membeberkan kapan pabrik tersebut mulai beroperasi. Ia juga masih bungkam mengenai jenis mobil LCGC yang akan diproduksi “Kami belum bisa menginformasikan hal tersebut.”

Sebelumnya,Suzuki Motor Corporation berencana membangun basis produksi mobil di Indonesia dengan investasi 100 miliar yen atau sekitar Rp 10 triliun. Harian bisnis Nikkei mengabarkan, investasi Suzuki dibagi dua gelombang, yakni pembangunan pabrik mesin dan pendirian instalasi perakitan.

Pembangunan pabrik mesin rencananya dilakukan mulai 2014 dan menghabiskan dana 40 miliar yen. Sedangkan pembangunan pabrik perakitan menelan dana 60 miliar yen. Rencananya instalasi produksi ini aktif pada 2014. Dengan pabrik baru ini, kapasitas produksi Suzuki akan naik dari 150 ribu menjadi 200 ribu unit per tahun.

ANANDA TERESIABaca Juga:Peraturan Pemerintah Mobil Murah Sudah Terbit  Juni Ini, Aturan Mobil Hijau DitetapkanAll - New Nissan Grand Livina DiluncurkanProduksi Mobil 2013 Akan Capai 1,29 Juta UnitSoal SUV, Mitsubishi Yakin Kalahkan Pesaingnya

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi