VW Stop Produksi Kombi
Reporter: Tempo.co
Editor: Yudono Yanuar Akhmadi
Selasa, 24 September 2013 11:34 WIB
Sebuah mobil van Volkswagen digunakan sebagai mobil penjaja makanan keliling, di Sao Paulo, Brasil, Jumat (13/9). 600 unti mobil VW Kombi akan diproduksi sebagai peringatan terakhir diproduksinya mobil ini. AP/Andre Penner

TEMPO.CO, Sao Paulo - Perusahaan otomotif Jerman Volks Wagen menghentikan produksi van Kombinationsfahrzeug atau VW Kombi. Mobil ikonik ini akan diproduksi paling akhir 31 Desember nanti di Sao Paulo, Brasil, satu-satunya pabrik yang masih memproduksi VW Kombi atau di Indonesia sering disebut Kombras (Kombi Brasil).

VW memutuskan menyetop produksi karena enggan memenuhi aturan keamanan kendaraan Brasil. Di Negeri Samba ini, semua mobil yang diproduksi pada 2014 harus dilengkapi air bag dan sistem pengereman anti-lock breaking.

VW telah memproduksi 10 juta Kombi sejak 63 tahun lalu. Pabrik di Brasil telah memproduksi 1,5 juta. Mobil ini menemani budaya pop culture dan terkenal saat jaman hippies naik daun pada era 1960-an, terutama di Eropa dan Amerika Utara.

Artis macam Bob Dylan, Beach Boys, dan band Grateful Dad menggunakan mobil ini dalam sampul album mereka. Inovator Steve Jobs bahkan sempat memilikinya sebelum menjualnya pada 1970.

Namun di Amerika Selatan, mobil ini jauh dari kesan populer. Di Negeri Samba, mobil ini disebut VW bus. Maklum di Brasil mobil ini digunakan sebagai mobil pos. Tentara menggunakannya buat mengangkut prajurit, rumah sakit menggunakannya sebagai ambulan. Di lain pihak, mobil ini juga jadi bus sekolah, taksi, atau bahkan pengangkut bahan bangunan.

Di Indonesia, produk Brasil ini dikenal sebagai Kombi Clipper atau Kombi Brasil, tetapi masih kalah populer dibanding produk Jerman.

AP | NUR ROCHMI

Berita terpopuler:

Valentino Simanjuntak, Si Jebret Ow Ow Ow  8 Alasan Beralih ke AndroidAlasan BBM untuk Android DitundaAhli Grafologi: Vicky Pemuda Luar Biasa, tapi ...  Komnas HAM Kecam Penyegelan Gereja St. BernadetteFathanah Pernah Menikahi Pramugari  Ini Penjelasan Analisis Tulisan Tangan VickyJebret, Kekayaan Bahasa Indonesia di Sepak Bola  Jokowi Ditantang Wali Kota Rotterdam Atasi BanjirAsal Mula 'Jebret ow-ow-ow' Valentino Simanjuntak  

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi