Ford Gagas Mobil Bertenaga Surya  
Reporter: Tempo.co
Editor: M. Nur Rochmi
Jumat, 3 Januari 2014 09:06 WIB
Logo Ford. REUTERS/Mike Segar

TEMPO.CO, Jakarta- Teknologi mobil ramah lingkungan kian maju. Mobil listrik kini sudah jamak. Perburuan sumber tenaga lainnya tak berhenti. Ford Motor Company, pabrikan asal Amerika Serikat, menggagas mobil bertenaga surya. Mobil yang masih dalam tahap konsep ini diberi nama C MAX Solar Energi. C MAX akan dikenalkan pada ajang International CES di Las Vegas, 7-10 Januari, pekan depan.

Tampilannya sama persis dengan mobil bertenaga bensin atau listrik. Yang membedakan adalah atapnya yang diganti dengan panel surya. Dengan panel surya ini, jika cuaca bersahabat, maka tak perlu mengisi bensin atau butuh colokan listrik. Panel surya di atas C MAX bukanlah panel surya biasa. "Ini panel konsentrat dengan lensa Fresnel," tulis Ford dalam situsnya, Kamis, 2 Januari 2014.

Lensa ini biasa digunakan pada menara mercusuar. Ibarat kaca pembesar, lensa Fresnel di C MAX bisa meraup sinar matahari yang lebih banyak dan memampatkannya. Sistem ini juga mampu melacak posisi matahari ketika bergerak dari timur ke barat. Jika dijemur seharian, maka C MAX bisa mendapat suplai tenaga setara dengan empat jam dicolok ke listrik. Jika baterainya full, diperkirakan bisa menempuh jarak 1.000 kilometer. Untuk pengembangan mobil surya ini, Ford menggandeng Georgia Institute of Technology dan perusahaan energi surya California Sunpower.

Sementara, Ford tak membuat C MAX hanya mengandalkan matahari, melainkan masih dibuat dalam kondisi hibrida, bersumber dua tenaga listrik dan matahari. Harapan Ford, dengan mobil bertenaga surya ini, maka efek rumah kaca bisa dikurangi dengan mengurangi konsumsi energi fosil. Ford sendiri juga menjajakan mobil hibrida. Tahun lalu, mereka memasang target penjualan 85 ribu unit.

NUR ROCHMI | ENGADGET | FORD

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi