Harley-Davidson Paus Fransiskus Laku Rp 4 Miliar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Mohammad Reza Maulana
Jumat, 7 Februari 2014 11:56 WIB
Paus Fransiskus berdiri di dekat motor Harley-Davidson Dyna Super Glide 1,585cc di Vatikan, Italia (Juni 2013. (AP Photo/L'Osservatore Romano)

TEMPO.CO, Paris - Harley-Davidson milik Paus Fransiskus terjual Rp 4 miliar di sebuah lelang di Paris, Jumat, 7 Februari 2014. Pembeli di Balai Lelang Bonhams tersebut adalah seorang Eropa yang tidak disebutkan namanya. Pria yang menolak disebut namanya itu membayar jauh melebihi harga penawaran, Rp 192 juta.

"Ini bakal jadi rekor penjualan Harley-Davidson di abad XXI," kata Ben Walker, kepala pelelangan sepeda motor di Bonhams. Harley-Davidson tersebut berjenis Dyna Super Glide keluaran 2013 dengan kapasitas mesin 1.585 cc. Di tangki bensinnya terdapat tanda tangan Paus Fransiskus.

Paus asal Argentina mendapatkan motor gede tersebut sebagai persembahan dari Willie Davidson, cucu pendiri Harley-Davidson, Juni lalu. Tidak diketahui apakah Paus yang merupakan penggemar sepak bola itu pernah mengendarainya. Paus yang terlahir dengan nama asli Jorge Mario Bergoglio itu menyerahkan motor tersebut ke balai lelang pertengahan Januari lalu.

Selain sepeda motor, Bonhams juga melepas jaket kulit Harley-Davidson dengan tanda tangan Paus Fransiskus seharga Rp 939 juta. Pembelinya hanya disebut seorang dari luar Prancis. "Tidak ada jaket lain semahal itu," kata Walker.

Uang hasil lelang akan disalurkan ke Caritas Roma, lembaga yang menjalankan dapur umum dan hostel bagi tuna wisma di Roma.

FOX NEWS | GUARDIAN | REZA MAULANA

Berita Lain:Singapura Protes Nama KRI Usman HarunTragedi di Balik Penamaan KRI Usman HarunIni Penjelasan Tentang Foto Clinton dan HurleyHurley: Kabar Saya dan Clinton Itu Sangat KonyolUbur-ubur Jenis Baru Bermunculan di Tasmania

#Sepeda Motor
#Paus Fransiskus I

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi