Mobil Bobrok Ini Laku Rp 8,9 miliar  
Reporter: Tempo.co
Editor: M. Nur Rochmi
Rabu, 12 Februari 2014 11:13 WIB
AP/Thomas Kienzle

TEMPO.CO, Paris Sebuah mobil bobrok yang sudah karatan dan telah dibiarkan selama 30 tahun laku seharga GBP 445 ribu atau sekitar Rp 8,9 miliar. Harga ini tujuh kali lipat dari perkiraan awal.

Bagi penggemar mobil lawas, mobil Mercedes 600 Landaulet jenis limosin dengan enam pintu ini memang legendaris. Landaulet ini ibarat "cawan suci" dalam dunia otomotif. Mobil ini dimiliki seorang otoriter sebuah negara di Afrika. Mercedes ini lalu dibawa ke Eropa. Namun, mobil hanya menganggur dan bobrok hingga akhirnya masuk balai lelang RM Auctions Paris, pekan lalu.

Awalnya, mobil ini ditawarkan pada kisaran harga GBP 60-100 ribu. Namun, beberapa penawar anonim menawar via telepon membuat harganya naik jadi GBP 445 ribu atau sekitar Rp 8,9 miliar. Harga ini cukup mahal karena si pemilik juga harus memperbaiki mobil. Perkiraannya, ongkos perbaikannya sampai GBP 800 ribu atau sekitar Rp 16 milliar.

Namun, harga ini dinilai setimpal. Menurut Stuart Haynes, direktur layanan spesialis Mercedes pada John Haynes Auto Technics, GBP 450 ribu adalah investasi yang bijaksana. "Ini adalah mobil terbaik dari yang terbaik. Langka, legendaris dan bersejarah," ujarnya, Senin, 10 Februari 2014. Pemilik mobil ini memang orang-orang kaya. Pentolan The Beatles John Lennon dulu punya satu. Desainer Coco Chanel dan banyak kepala negara juga memilikinya. Bahkan, mobil ini identik dengan penguasa otoriter karena banyak despot yang memiliki mobil ini. Di antaranya Saddam Hussein, Pol Pot dan Idi Amin Dada.

Mobil ini memang menawarkan teknologi yang mewah di jamannya. Saat diluncurkan pada 1971, mobil ini sudah dilengkapi dengan TV Sony ukuran 9 inci dan radio Becker Grand Prix dengan delapan speaker. Sandaran lengannya juga opsional dan jendelanya dilengkapi tirai.

Mercedes Landaulet didukung mesin V8 berkapasitas 6,3 liter yang menghasilkan 245 tenaga kuda. Limosin dengan panjang hampir tujuh meter ini bisa meraup kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu sekitar sepuluh detik. Kecepatan tertingginya lebih dari 325 km/jam.

NUR ROCHMI | DAILYMAIL

Baca Juga: Inden Honda Mobilio Sudah Tembus 10 RibuHarley-Davidson Paus Fransiskus Laku Rp 4 MiliarPedal Gas Cacat, Sedan Aston Martin DitarikFerrari Tetap Batasi Produksi Mobil Tahun iniPasar Meningkat, Datsun Produksi 40 Ribu LCGC

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi