Hennessey Venom GT, Mobil Tercepat Sejagat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 1 Maret 2014 00:37 WIB
Mobil buatan Amerika Serikat Hennessey Venom GT, bermesin V8 twin turbo 6200 cc dengan tenaga 1200 tenaga kuda, diklaim mampu mencapai kecepatan 440 km/jam, 0-100 km/jam dapat dicapai dalawam waktu 2,5 detik. Merupakan pesaing berat Bugatti Veyron Super Sport. thesupercars.org
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Florida - Hennessey, pabrikan asal Amerika Serikat akhirnya mengukuhkan diri sebagai produsen mobil tercepat sejagat. Adalah Hennessey Venom GT akhirnya memecahkan rekor kecepatan mobil sejagat. Dalam uji di landasan pacu NASA di Florida.

Venom GT berhasil menembus kecepatan 270,49 mil per jam alias 434 km per jam. Kecepatan ini sedikit mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, mobil super Bugatti Veyron yang pernah menyentuh angka speedometer pada 269,86 mil per jam yang dicapai Bugatti pada 2010. angka ini mengalahkan kecepatan balap mobil manapin. Adu balap Formula 1, rata rata kecepatannya 'hanya' 200 mil per jam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sopir Venom GT, Brian Smith, awalnya berhasrat bisa melampaui Bugatti Veyron sekitar 5-10 mil per jam. Namun karena landasan di Florida hanya sepanjang 5,1 km maka dia tak bisa memacu lebih cepat lagi. Sedangkan Bugatti Veyron, saat meraih rekornya empat tahun lalu mealju di landasan Volkswagen Ehra, di Lessien Jerman dengan panjang 8,8 km.

Walau sudah meraih kecepatan tertinggi, namun Venom GT tak bisa langsung meraih gelar mobil tercepat versi Guinness Book of Record. Pasalnya, pencatat rekor dunia itu mensyaratkan pemecah rekor kecepatan harus melaju dua putaran/kali . Sedangkan Venom GT hanya melaju satu putaran.

Venom GT, mobil seharga Rp 16 miliar itu bisa meaju cepat karena ditenagai mesin twin turbocharged V8 berkapasitas 7 liter. Mesin ini bisa menyemburkan 1.244 tenaga kuda. Dengan kekuatan ini, kecepatan 100 km per jam bisa diraih hanya dalam waktu 2,7 detik. Sejak diluncurkan 3 tahun lalu, mobil ini mendapat banyak pujian media otomotif. Mobil ini juga sangat terbatas, hanya 11 unit. Salah satu pemiliknya adalah vokalis band Aerosmith, Steve Tyler.

Nur Rochmi | dailymail

Baca Juga: 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi