Kawasaki Bangun Pabrik Motor Terbesar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 8 April 2014 11:05 WIB
Suasana peluncuran sepeda motor Kawasaki Z1000 di Jakarta, (28/2). Kawasaki Z1000 Sugomi versi 2014 dijual dengan harga mulai Rp270 juta. ANTARA/Andika Wahyu

TEMPO.CO, Bekasi - Kawasaki Heavy Industries Ltd meresmikan pabrik sepeda motor kedua di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi, Selasa, 8 April 2014. Pabrik seluas 44 ribu meter persegi ini adalah instalasi produksi Kawasaki terbesar ketiga setelah Jepang dan Thailand. (Baca: Sehari Sebelum Pemilu, Kawasaki Resmikan Pabrik).

President Direktur PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Yoshihiro Tanigawa, mengatakan pembangunan pabrik ini merupakan lompatan terbesar sejak hadir di Indonesia pada 1994. “Dengan pabrik baru ini kita akan melompat ke level selanjutnya, jumping to the new stage,” kata Tanigawa seusai meresmikan pabrik tersebut.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit setahun dengan tenaga kerja 1.600 orang. Tanigawa mengatakan pabrik ini dibangun untuk menampung lonjakan permintaan sepeda motor sport kelas Premium di Indonesia, seiring meningkatnya pendapatan kelas menengah. “Pertumbuhan penjualan Kawasaki telah mendorong kebutuhan untuk membangun pabrik baru dengan kapasitas yang lebih besar,” ujarnya.

Di pabrik ini, KMI akan merakit empat jenis sepeda motor, yakni Ninja RR Mono, KLX 150S, KLX150L, dan D-Tracker150. Pabrik ini dilengkapi fasilitas pengelasan, pengecatan bagian besi dan plastik, perakitan rangka dan mesin serta fasilitas pengujian. (Baca : 2014, Honda Targetkan Market Share 63 Persen ).

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Mohamad Suleman Hidayat mengatakan pabrik tersebut akan memproduksi motor Kawasaki Ninja. Dia mengatakan pabrik baru yang mendapat investasi Rp 1 triliun itu diresmikan di Bekasi, Jawa Barat. “Dengan kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun,” kata Hidayat, di kantornya, Selasa, 25 Februari 2014.

Hidayat mengatakan pabrik sebenarnya telah berproduksi sejak 1,5 tahun lalu. Produksi Kawasaki Ninja di pabrik tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik. “Tapi Kawasaki menjanjikan akan ekspor ke Belanda, Eropa, dan Amerika Serikat pada tahun berikutnya atau setahun setelah produksi berjalan,” katanya.

AMIR TEJO

Berita TerpopulerAnas 'Tabuh Genderang Perang' Lawan SBYCara Jokowi Jelaskan Kasus Busway KaratanKata Agnez Mo Soal Insiden Nip Slip

 

#Sepeda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi