Viar Siap Luncurkan Mobil Nasional KAUM
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 15 Oktober 2014 10:03 WIB
Deretan motor niaga merk Viar usai perakitan di pabrik Viar Motor Indonesia di kawasan Taman Niaga Bukit Semarang Baru. (Sohirin/TEMPO)

TEMPO.CO, Semarang - PT Triangle Motorindo, produsen sepeda motor Viar, siap meluncurkan mobil nasional dalam waktu dekat. Manajer Riset dan Pengembangan Triangle Motorindo, Heru Sugiantoro, mengatakan mobil bernama KAUM itu akan meluncur kurang dari dua bulan. "Mobil ini menyasar pasar pedesaan," kata dia di kantor Gubenur Jawa Tengah, Selasa malam, 14 Oktober 2014. (Baca: Tiga Tantangan Realisasi Proyek Mobil Nasional)

KAUM menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc meluncur dengan model pikap atau bak terbuka. Menurut Heru, mobil ini cocok untuk angkutan pedesaan terutama hasil pertanian. "Kami mengincar pedesaan karena jika membuat mobil kota akan menambah masalah kemacetan," ujarnya. (Baca: M.S. Hidayat: Industri Mobnas Tunggu Presiden Baru).

Menurut Heru, produksi KAUM dibantu oleh sejumlah perusahaan onderdil dan karoseri di Jawa Tengah. Sejumlah perajin logam, bahkan bisa membuat mesin dan beragam aksesori mobil dengan teknik pengecoran. Soal karoseri juga perkara mudah, mengingat banyak perusahaan pembuat badan mobil dan bus skala nasional yang bermarkas di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta agar KAUM kompetitif dari sisi kualitas, harga, dan layanan purna jual. "Kalau itu dilakukan, saya siap membantu lewat regulasi," katanya. Ganjar mengatakan KAUM akan mendorong kesejahteraan petani. Mobil ini cocok dengan program teknologi pertanian untuk 500 hektare lahan di Jawa Tengah. Ganjar berharap KAUM bisa membantu distribusi hasil pertanian di wilayahnya. (Baca: Dahlan Akui Sulit Kembangkan Mobil Nasional).

EDI FAISOL

Berita TerpopulerPendiri Facebook Temui Jokowi, VOA Islam BerangKomentari FPI, Akun Megawati Ditanya Balik  3 Orang Ini Calon Kuat Jaksa Agung Kabinet Jokowi  KPK: Jokowi Clear!  

 

#Mobil Nasional
#Gaikindo
#Ganjar Pranowo

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi