Honda HR-V Muncul, Pasar 1.500 cc Bergeming
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Selasa, 16 Desember 2014 11:18 WIB
Honda memperkenalkan mobil sport-utility vehicle (SUV) terbarunya, Honda HR-V dalam pameran Indonesia International Motor Show di Jakarta, 18 September 2014. Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat otomotif Dewa Yuniardi berpendapat, hadirnya Honda HR-V tak akan terlalu mempengaruhi pasar mobil Tanah Air--khususnya pada kelas 1.500 cc. Ia malah memprediksi Honda Jazz masih akan tetap menguasai pasar. "Rata-rata pembeli HR-V hanya karena penasaran," kata Dewa saat dihubungi akhir pekan lalu.

Menurut Dewa, tak mudah mengubah pasar otomotif di Indonesia dalam waktu singkat. Konsumen otomotif di Indonesia dinilai memiliki tipikal setia kepada suatu merek dalam waktu lama. Jika tak ada feature baru yang benar-benar inovatif, konsumen akan cenderung bertahan pada merek lama. (Baca juga: Penjualan Motor Honda di Jakarta Naik 44 Persen)

Menurut Dewa, Jazz bisa menjadi pemegang pasar karena merupakan merek awal pada kelasnya. Dia menilai peluncuran HR-V merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh Honda. Honda, kata dia, mencoba membuat pasar baru dengan memanfaatkan kelebihan konsumen Jazz yang masih mengambang. Langkah itu terbukti efektif dengan banyaknya pemesan inden. "Banjir pesanan itu pertanda baik," katanya. (Lihat juga: Honda Targetkan Produksi 5 Juta Unit di India)

Pekan lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan produk barunya yang diberi nama HR-V. Menurut sang produsen, produk terbarunya ini hampir sekelas dengan Honda Jazz. Bedanya, mobil crossover utility vehicle (CUV) pertama milik Honda ini menyasar segmen konsumen yang lebih matang dan menyukai tantangan.

Presiden Director PT HPM Tomoki Uchida mengatakan prototipe HR-V sebenarnya telah diperkenalkan kepada khalayak dalam perhelatan Indonesia International Motor Show 2014, dua bulan lalu. "Animo pembeli cukup besar. Begitu diperkenalkan, pemesanan langsung mencapai 3.500 unit untuk seluruh Indonesia," kata Tomoki saat mengumumkan harga resmi HR-V di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, sepekan lalu.

FAIZ NASHRILLAH | ODELIA SINAGA

Terpopuler:Jokowi Catat Sejarah Jika Datang ke Raker BPK  Lawan Mafia Migas, Kenapa Faisal Basri Hati-hati?  Kejar Pengemplang Pajak, Menkeu ke Singapura  

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi