Honda Vario 150, Ini Fitur Uniknya
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 14 Januari 2015 16:40 WIB
Honda Vario 150cc ESP. TEMPO/Fery Firmansyah

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Honda Motor meluncurkan dua varian baru skuter otomatik (skutik) yakni Honda Vario 125 cc ESP dan Honda Vario 150 cc ESP. Dua seri baru ini punya sederet fitur yang cukup unik. (Baca: Honda Luncurkan Dua Seri Baru Skutik Vario)

Menurut Vice President Director Honda Motor Co, Tetsuo Iwamura, dua teknologi utama pada seri terbaru Vario adalah eSP atau enchanced smart power dan ISS alias idling stop systems. Dengan teknologi ini, mesin memiliki daya tahan yang lebih baik dan beroperasi secara efisien serta ramah lingkungan. "Ini penting bagi konsumen yang mementingkan penghematan," kata dia di Senayan City, Rabu 14 Januari 2015.

Teknologi eSP mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan mengoptimalkan energi yang dihasilkan. Digabungkan dengan teknologi ISS untuk mematikan mesin pada saat yang tidak diperlukan, mesin Vario terbaru diklaim lebih hemat energi 80 persen dibandingkan seri sebelumnya.

Untuk dapur pacu, Vario 150 cc memiliki torsi maksimum 12,8 newton meter pada putaran mesin 5 ribu rotasi per menit (rpm). Daya yang dihasilkan mencapai 9,3 kilowatt pada 8.500 rpm. Dengan mesin ini, kecepatan maksimum bisa mencapai 102 kilometer per jam namun konsumsi bahan bakarnya "cuma" 52,9 kilometer per liter. Pada Vario 125 cc, daya yang dihasilkan sebesar 8,3 kw dengan torsi 10,8 Nm serta bisa dipacu hingga 96 kilometer per jam. Rasio bahan bakarnya adalah 59,5 kilometer per liter.

Di kompartemen bodi ada beberapa fitur unggulan seperti rak ganda di bagian depan, kotak helm di dalam u-box 18 liter serta ground clearance yang lebih tinggi yakni 135 milimeter. Astra Honda juga membubuhkan garnish atau ornamen metalik di baguan muffler (knalpot, radiator, lampu, dan setang depan. Ada juga lampu baru dual keen headlight dengan penerang light emitting diode (LED) yang hemat energi hingga 80 persen.

Fitur lain yang relatif baru adalah answer back systems. Dengan alat ini, pengemudi tinggal menekan tombol di anak kunci untuk menemukan sepeda motornya di tengah area parkir yang padat. Selain itu, desain panel meter diperbarui dengan menggabungkan sistem digital dan analog, yakni speedo meter jarum serta indikator bahan bakar digital.

Karena diklaim punya banyak fitur canggih, Astra Honda menaikkan banderol skuter terbaru ini rata-rata Rp 300 ribu dibandingkan seri terdahulu. Harga Honda Vario 125 CBS ESP (combi brake systems) mencapai Rp 16,9 juta, Vario 125 CBS plus fitur ESP ISS dibanderol Rp 17,5 juta, dan Vario 150 cc ESP seharga Rp 19,9 juta hingga Rp 20 juta.

FERY FIRMANSYAH

Berita TerpopulerBudi Gunawan Dijerat: Jokowi Kelabakan, Mega RepotBudi Gunawan Tersangka, Bukan Sekali Jokowi 'Nabok Nyilih Tangan'  Gara-gara Budi Gunawan, Jokowi-KPK Dua Kali Perang

 

#Sepeda Motor
#PT Astra Honda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi