Pasar Motor Lesu, Skutik Masih Jadi Andalan?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 15 Januari 2015 06:05 WIB
PT Astra Honda Motor mulai melejit dalam penjualan motor skutik. Sepanjang Agustus lalu Honda menjual 292.076 unit. (REUTERS/Supri)

TEMPO.CO, Jakarta - Pasar sepeda motor nasional diperkirakan akan melemah sepanjang 2015. Untuk mendobrak kebuntuan itu, pabrikan merilis varian skuter otomatik (skutik) premium, yang pangsa pasarnya masih terbilang cerah.

Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Margono Tanuwidjaja, skutik menopang pertumbuhan penjualan merek Honda pada 2014. Saat itu, penjualan Honda naik 7,3 persen menjadi 5,05 juta. Dari seluruh varian yang terjual, model skuter otomatis atau skutik paling dominan. "Pangsa pasar kami masih paling tinggi, lebih dari 60 persen," katanya.

Margono mengatakan, secara umum pangsa pasar skutik naik dari 63 persen menjadi 67 persen pada 2014. Dari total pasar skutik, kata dia, Honda menguasai 73 persen atau sebanyak 3,8 juta unit melalui produk Beat dan Scoopy di kelas standar serta Vario dan PCX di kelas premium. (Baca: Honda Vario 150 cc Meluncur, Berapa Harganya?)

Ke depan, Margono yakin produk skutik premium mampu mendobrak kebuntuan pasar. Dengan kecenderungan penjualan yang terus meningkat, polesan teknologi baru untuk varian skutik diyakini bisa semakin mendorong minat konsumen.

Astra Honda Motor meluncurkan dua varian baru skutik yakni Vario 125 cc ESP dan Honda Vario 150 cc ESP. Dua skutik baru ini bisa laku hingga 100 ribu unit. Dua varian terbaru yang mengusung teknologi eSP dan ISS ini akan menggelembungkan pasar skutik Honda, hingga mampu menguasai pangsa pasar lebih dari 70 persen. (Baca: Honda Vario 150, Ini Fitur Uniknya)

FERY F.

Berita TerpopulerBudi Gunawan Dijerat: Jokowi Kelabakan, Mega RepotBudi Gunawan Tersangka, Bukan Sekali Jokowi 'Nabok Nyilih Tangan' Gara-gara Budi Gunawan, Jokowi-KPK Dua Kali Perang

#Sepeda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi