Ini Rahasia Performa Yamaha NMAX
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 11 Februari 2015 08:43 WIB
Pembalap Immanuel, berpose dengan motor sport matic terbaru Yamaha NMAX 150, saat peluncurannya di Sirkuit Sentul, Bogor, 10 Februari 2015. ANTARA/Andika Wahyu

TEMPO.CO , Jakarta - Yamaha NMAX, skuter otomatis (skutik) terbaru dari Yamaha, diklaim memiliki performa paling tinggi di kelasnya. Di pasaran, Yamaha NMAX bakal bersaing dengan Honda PCX dan Honda Vario 150 yang sudah lebih dulu eksis.

Saat berlaga di jalanan, Yamaha NMAX mengandalkan teknologi variable valves actuation (VVA). Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing,  Mohammad Masykur, mengatakan VVA menciptakan torsi dan tenaga maksimum pada semua putaran mesin. "Teknologi ini membuktikan kualitas  Yamaha yang selalu menjadi pionir penyempurnaan performa motor,” kata dia, Selasa 10 Februari 2015.

Yamaha NMAX memiliki tenaga 11.1 kilowatt (kW) pada putaran mesin 8.000 rotasi per menit (rpm) dengan torsi 14,4 Newton meter pada putaran 6.000 rpm. Yamaha NMAX diklaim paling ringan dengan bobot 120 kilogram. Masykur mengatakan dua keunggulan ini menempatkan Yamaha NMAX di kelas Ultimate Sports Matic (Sport Matik Tertinggi).

Namun semua performa ini tak mungkin muncul tanpa teknologi VVA. VVA, kata Masykur, menjaga tenaga dan torsi tetap maksimum, termasuk pada saat kritis 6.000 rpm. Teknologi VVA pun bekerja pada head cylinder dengan dua jenis cam (low speed cam dan high speed cam). VVA merupakan bagian dari teknologi Blue Core Yamaha yang diklaim memiliki yaitu pembakaran optimal, pendinginan maksimal, dan minim gesekan.

Di sektor rangka, Yamaha NMAX diklaim memiliki stabilitas tinggi karena memiliki struktur delta shape yang kuat dan ringan. Letak tangki bahan bakar di tengah center tunnel membuat motor menjadi stabil. Ada juga twin shock absorber yang membuat goyangan motor aman saat bermanuver. Bodi NMAX disokong oleh ban lebar 13 inchi (depan 110/70 – 13 M/C 48P, belakang 130/70 – 13 M/C 63P).

Berikut ini rincian teknologi Yamaha NMAX

-Pembakaran optimal dihasilkan oleh volume Air Cleaner yang besar, dimana volume udara yang tepat menghasilkan efisiensi pembakaran optimal di segala kondisi. VVA juga mengoptimasi sistem setting injeksi (Fuel Injection/ FI) dengan pemetaan 3-dimensi guna mengontrol volume bahan bakar dan timing pengapian berdasarkan rpm dan bukaan gas. Ruang bakar Yamaha NMAX pun diklaim kompak karena punya desain bentuk port dan ruang bakar optimal, yang menjamin pembakaran sempurna.

-Pendinginan maksimal dengan radiator kompak. Ada fitur by-pass thermostat yang membuat pemanasan mesin lebih singkat serta hemat bahan bakar. Yamaha NMAX juga punya DiAsyl Cylinder & Forged Piston yang melepas panas lebih cepat, ringan dan kuat.

-Minim gesekan dengan adanya roller rocket arm, sumbu cylinder body dan crankshaft tidak segaris sehingga meminimalisir noise dan vibrasi, dan ada fitur compact AC magneto sebagai penghasil daya efisien yang mengurangi beban pada mesin.

FERY F

#Sepeda Motor
#Yamaha Motor Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi