Ini Hasil Uji Keamanan 6 Mobil di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Anton Septian
Senin, 21 September 2015 18:19 WIB
Ilustrasi. belovedcars.com

TEMPO.CO, Bandung - Organisasi New Car Assessment Program for Association of Southeast Asian Nations (ASEAN NCAP) di Bandung merilis hasil baru pengujian keamanan enam mobil yang dilakukan pada September 2015. Semua mobil itu diproduksi dan beredar di Indonesia. Tingkat keamanan mobil Daihatsu Ayla dan Datsun Go dinilai rendah jika terjadi tabrakan dari depan.

Standar penilaian utama NCAP adalah perlindungan penumpang dewasa atau adult occupant protection (AOP) saat terjadi tabrakan di bagian depan mobil. Saat tes, mobil melaju dengan kecepatan 64 kilometer per jam. 

Ada-tidaknya sistem electronic stability control dan peringatan sabuk pengamanan juga ikut dinilai, termasuk fasilitas kantong udara (airbag). Hasilnya ditandai dengan rating maksimal 5 bintang. 

Penilaian kedua menyangkut perlindungan penumpang anak atau child occupant protection (COP) dengan model penilaian child restraint system dengan skor 0-100 persen. Semakin besar nilainya, perlindungan anak terhitung bagus. Hasil angkanya disetarakan dengan bintang yang maksimal berjumlah 5 buah.

Secretary General ASEAN NCAP Khairil Anwar Abu Kassim menyampaikan hasil rating terbaru itu di sela acara ASEAN Automobile Safety Forum di Aula Timur Institut Teknologi Bandung, Senin, 21 September 2015. Ia mengatakan Datsun Go baru memperoleh rating 2 bintang untuk AOP dan 2 bintang COP atau 46 persen. "Mobil itu baru memasang sebuah kantong udara (airbag) bagi pengemudi," katanya.  

Daihatsu Ayla, yang juga diuji tabrakan, terdiri atas dua versi. Model dengan dua kantong udara di bagian depan meraih 4 bintang AOP dan 3 bintang atau 51 persen COP. "Electronic stability control dan seat belt reminder juga belum ada," kata staf komunikasi ASEAN NCAP, Salina Mustaffa, kepada Tempo.

Untuk Ayla versi kedua tanpa kantong udara, hasil pengujiannya berupa 1 bintang AOP dan 2 bintang atau 47 persen nilai COP. Adapun tingkat keamanan tiga produk keluaran Toyota cukup tinggi.

Toyota Agya, yang memasang dua kantong udara di bagian pengemudi dan penumpang kursi depan, mendapat rating 4 bintang AOP dan 4 bintang atau 82 persen nilai COP. 

Toyota Hilux versi tiga kantong udara dan seat belt reminder mendapat 4 bintang AOP dan 4 bintang atau 71 persen nilai COP. Sedangkan Toyota Hilux dengan tujuh kantong udara di bagian depan, lengkap dengan electronic stability control dan seat belt reminder meraih 5 bintang untuk AOP dan 4 bintang atau 71 persen nilai COP. 

ANWAR SISWADI

#Otomotif
#Daihatsu
#Kota Bandung

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi