Ratusan Ribu Kia Sorento Bermasalah Ditarik dari Pasar Amerika
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Sabtu, 17 Oktober 2015 06:04 WIB
Kia Sorento. caranddriver.com

TEMPO.CO , Jakarta: Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Kia Motors menarik untuk diperbaiki (recall) sebanyak 377 ribu varian sport utility vehicle (SUV) Kia Sorento yang beredar di jalan-jalan Amerika Serikat. Kia Sorento yang ditarik dari pasaran  adalah model tahun 2011, 2012 dan 2013 dengan masa produksi antara periode  9 Oktober 2009 hingga 31 Januari 2013.

Seperti dilansir dari situs car connection, Jumat, penarikan ribuan unit SUV Sorento itu karena ada kerusakan pada komponen sistem transmisinya.  Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA) menyebutkan bahwa komponen transmisi rusak sehingga berpotensi mobil tidak bisa dikendalikan.

Komponen  mengalami kerusakan   adalah bagian interlock rem-shift yang diproduksi oleh SL Tennesse, Amerika Serikat. NHTSA menyebutkan bahwa bila pengemudi terlalu kuat saat memindahkan transmisi maka interlock bisa mengalami keretakan. Ini sangat berbahaya karena pegas rem tidak bisa bekerja secara sempurna. Mobil bisa  menyelonong dan menabrak orang atau kendaraan lain.

Kia melaporkan ada sekitar 54 pemilik Kia Sorento yang mengajukan klaim garansi dan 14 keluhan pelanggan mengenai kerusakan komponen transmisi. Bahkan ada tiga orang yang  mengaku mengalami cedera akibat komponen transmisi bermasalah itu.

Pihak Kia menyebutkan akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemilik mobil pada 24 Nopember mendatang.  Mereka bisa mendatangi diler Kia terdekat agar mobilnya dapat segera diperbaiki.

thecarconection.com|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#KIA Motors
#Amerika Serikat

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi