Kalah Bersaing, Ford Klaim Unggul dalam Mobil Berkapasitas Kecil
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Selasa, 26 Januari 2016 05:14 WIB
Communication Director PT Ford Indonesia Lea Kartika, dalam acara Ford Driving Skills for Life di Jakarta, Jumat, 7 Agustus 2015

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Komunikasi PT Ford Motor Indonesia Lea Kartika Indra menolak bila disebut tidak mampu mengakomodasi kebutuhan mobil berkapasitas kecil. Selama ini, Ford justru unggul dalam menjual mobil-mobil dengan cubic centimeter (CC) yang kecil.

"Kami mengusung Green Pilar, Great Power. Penjualan terbaik Ford juga mobil dengan kapasitas 1.000 cc, yang termasuk kecil," katanya  kepada Tempo saat dihubungi di Jakarta, Senin, 25 Januari 2016.

Lea menyebutkan Ford berhasil menjual 6.103 unit mobil di Indonesia. Angka tersebut merupakan total penjualan lima jenis varian yang memang dipasarkan di Indonesia. "Lima jenis mobil yang memang kami pasarkan di Indonesia, yakni Fiesta, Ranger, Everest, Focus, dan Eco Sport," ujarnya.

Pengamat otomotif, Dewa Yuniardi, menuturkan penutupan bisnis Ford di Indonesia dilatarbelakangi situasi ekonomi yang kurang baik. "Karena situasi ekonomi dan pangsa pasar Ford memang kurang bagus," ucapnya.

Menurut Dewa, pangsa pasar Ford yang kurang baik di Indonesia karena beberapa hal, antara lain tren krisis bahan bakar dan persoalan kemacetan. "Dengan tingkat kemacetan yang parah di Indonesia, masyarakat lebih senang menggunakan mobil dengan cc yang kecil, dan itu tidak diakomodasi Ford," katanya. Namun ia memperkirakan penutupan bisnis ini hanya berlangsung sementara.

INGE KLARA SAFITRI

#Otomotif
#Ford

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi