Bangun Pabrik di Indonesia, Wuling Investasi Rp 9,7 Triliun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Kamis, 28 Januari 2016 14:31 WIB
Wuling Hong Guang| Autoevolution

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan otomotif Cina, PT SAIC General Motor Wuling (SGMW), menyiapkan investasi sebesar US$ 700 juta atau sekitar Rp 9,7 triliun untuk membuka bisnis di Indonesia. 

Presiden PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun mengatakan perusahaan sedang membangun pabrik pertamanya di Indonesia, yang terletak di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik tersebut dibangun di atas lahan seluas 600 ribu meter per segi.

"Selain pabrik, perusahaan juga akan membangun supplier park," kata Xu Feiyun di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis, 28 Januari 2016.

Pabrik tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pada 2017 dan akan dijadikan basis produksi untuk memperluas bisnis perusahaan ke negara di ASEAN. Produk pertama yang akan diluncurkan adalah mobil tipe multipurposes vehicle (MPV) dengan merek Wuling. "Kami optimistis produk kami bisa diterima masyarakat Indonesia," kata Feiyun.

Baca: Menperin Saleh Husin: Ford Pergi, Wuling Datang 

Setelah beroperasi, pabrik SGMW rencananya memproduksi mobil dengan kapasitas maksimal 150 ribu kendaraan per tahun. Hal ini agar Indonesia menjadi basis ekspor utama kendaraan Wuling di Asia Tenggara. Lewat proyek ini, SGMW diharapkan dapat menciptakan 3.000 lapangan pekerjaan.

PT SGMW Motor Indonesia merupakan bagian dari ekspansi global SAIC, General Motors, dan Wuling Automobile di Cina. "Kami akan memanfaatkan modal, teknologi, dan sistem dari para pemegang saham, SAIC, General Motors (GM), dan Wuling untuk dapat memberikan layanan terbaik," kata Xu Feiyun.

Baca Juga: Mobil Wuling Masuk Indonesia, Gaikindo: Kami Sambut Baik

LARISSA HUDA
#Otomotif
#Wuling SGMW
#Kotamadya Jakarta Pusat | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi