Meski Mahal, Pasar Motor Sport Makin Diminati
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Selasa, 16 Februari 2016 23:03 WIB
TEMPO/Santirta M

TEMPO.CO, Jakarta - Komisaris PT Suzuki Indomobil Sales Subronto Laras  menyebutkan  adanya pergeseran terhadap selera motor di pasar Indonesia. Jika dulu setiap produsen berlomba-lomba menciptakan produk yang murah dan irit bahan bakar yang melahirkan motor bebek Namun sekarang permintaan motor sport semakin naik. "Tidak usah jauh-jauh, coba lihat sudah banyak orang yang pakai motor sport," katanya di Sentul Circuit International, Selasa, 16 Februari 2016.

Selain motor sport, motor scootermatic juga diminati, meskipun lebih boros bahan bakar dibanding motor bebek. Artinya,  masyarakat Indonesia dinilai sudah cukup dan mampu untuk membeli produk dengan harga di atas rata-rata. Hal inilah yang membuat Suzuki optimistis dalam penjualan produk terbarunya, Suzuki All New Satria F150.

Subronto menyebutkan, beberapa tahun lalu pertumbuhan permintaan motor sport hanya berada pada angka tiga persen. Namun, saat ini pertumbuhan permintaannya bisa mencapai 15 persen. Selain itu, pemerintah juga pernah membatasi produksi motor hanya sampai 250 cc, namun saat ini batasan tersebut telah dihapuskan. "Mau yang 1.500 cc sekarang sudah tidak apa-apa."

Baca: TEST DRIVE ALL NEW FORTUNER: Pendaki Gunung Penerjang Lembah

PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) meluncurkan Suzuki All New Satria F 150, yakni sepeda motor hyper underbone di kelas 150 cc. Meskipun Suzuki Satria F150 merupakan sepeda motor hyper underbone, setingkat di atas motor bebek, motor ini diperkuat oleh throttle body berukuran besar hingga 32 milimeter. Lazimnya, ukuran  throttle body tersebut digunakan pada sepeda motor untuk keperluan kejuaraan balap motor.

Komponen berstandar lainnya digunakan pada bagian piston yang konstruksinya kuat namun bobotnya lebih ringan 16 persen. Ditambah lagi, dengan Suzuki composite electrochemical material (SCEM) pada bagian dinding silinder mesin membuat mesinnya kuat dan awet meskipun dipacu dalam kecepatan tinggi.

Suzuki Satria F150 juga mengadopsi DNA MotoGP dengan menggunakan desain ayam jago futuristik. Desain ini dipertahankan karena sudah melegenda dan telah terjual lebih dari satu juta unit Suzuki Satria sejak 2004.

Performa All New Satria F150 ini diklaim sanggup mencapai kecepatan 142 kilometer per jam. Selain itu, melalui drag test dengan jarak 100 meter, motor ini bisa menembus waktu tercepat yaitu 6,9 detik.

LARISSA HUDA

#Otomotif
#Suzuki
#Subronto Laras

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi