Volkswagen Kalahkan Toyota dalam Penjualan Global  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Sabtu, 30 Juli 2016 20:25 WIB
AP/Shizuo Kambayashi

TEMPO.CO, Tokyo - Pabrikan mobil Jerman Volkswagen AG berhasil mengalahkan pabrikan mobil Jepang Toyota Motor Corp dalam penjualan global pada semester pertama tahun ini.

Merosotnya permintaan sedan Prius Hybrid yang baru didesain ulang di pasar Amerika Serikat yang didominasi oleh truk dan kendaraan sport membuat penjualan Toyota tak sebagus VW.

Seperti dilansir Japan News yang mengutip Bloomberg, penjualan Toyota secara global turun 0,6 persen menjadi 4,99 juta unit dalam enam bulan sampai Juni. Sedangkan penjualan VW naik 1,5 persen menjadi 5,12 juta unit pada periode yang sama.

Meskipun memperkenalkan model sedan baru, pengiriman Toyota Prius Hybrid dari AS anjlok 25 persen pada semester pertama tahun ini.

"Kami sedang berusaha untuk menjual mobil di industri truk," kata Paul Holdridge, wakil presiden untuk divisi penjualan di Amerika Serikat, seperti dikutip dari Bloomberg.

"Dengan harga gas pada kendaraan Hybrid, itu membuatnya menjadi tantangan bagi kami untuk menjual Prius," katanya.

Produksi dalam negeri Toyota telah melemah awal tahun ini. Seminggu sekali, satu pabrik perakitan di Jepang ditutup pada Februari, menyusul ledakan dan kebakaran di sebuah afiliasi pembuatan baja.

JAPAN NEWS | REZKI ALVIONITASARI

#Otomotif
#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi