Pameran Otomotif GIIAS 2016 Dibuka Hari ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Kamis, 11 Agustus 2016 07:51 WIB
Pengunjung meramaikan pembukaan Pameran otomotif di Gakindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di Tangerang Selatan, 20 Agustus 2015. Pameran tersebut berlangsung 20 hingga 30 Agustus 2015. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dijadwalkan dibuka hari ini oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada pukul 09.00 WIB. Dalam acara yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, itu, sebanyak 31 merek kendaraan dan 300-an merek yang berkaitan dengan industri otomotif akan tampil.

Berdasarkan pantauan Tempo di lokasi, terlihat Pasukan Pengamanan Presiden telah berjaga di seluruh pintu masuk pameran. Pembukaan hari ini dikhususkan untuk tamu undangan, wartawan, serta peserta pameran. Pameran baru dibuka untuk umum pada pukul 17.00 nanti.

"Jika dilihat dari skala areanya, GIIAS yang terbesar di Asia Tenggara," kata Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Yohannes Nangoi dalam konferensi pers persiapan GIIAS, beberapa waktu lalu.

Dalam acara yang mengambil tema "Green Technology for the Better Future" ini, panitia akan menyelenggarakan konferensi yang dihadiri sejumlah anggota organisasi otomotif dunia, Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA).

"Kami akan membahas perkembangan teknologi dan upaya pelaku industri otomotif untuk menerapkan teknologi ramah lingkungan," ujar Nangoi.

Dalam pameran GIIAS yang digelar hingga 21 Agustus mendatang ini, sejumlah merek akan memperkenalkan produk barunya. Mobil baru yang akan tampil itu, kata Ketua Penyelenggara GIIAS Rizwan Alamsjah, ada yang dirilis pertama kalinya di seluruh dunia atau di Asia dan Asia Tenggara.

Rizwan menyatakan, Gaikindo tidak menetapkan target penjualan. "Penjualan itu hanya salah satu dampak positif pameran ini," ujarnya. Namun dia memprediksi penjualan kendaraan dalam pameran tahun ini tak berbeda jauh dengan hasil tahun lalu.

Pada GIIAS 2015, tercatat sebanyak 17 ribu unit mobil terjual dan dipesan pengunjung. Nilai transaksi yang diperoleh acara itu mencapai Rp 5,4 triliun. "Ya, kira-kira akan segitu juga, karena pasar juga belum pulih sepenuhnya."

PRAGA UTAMA

#Gaikindo
#Jusuf Kalla

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi