Tata Ultra 1012 Diluncurkan di GIIAS 2016, Ini Keunggulannya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Grace gandhi
Jumat, 12 Agustus 2016 06:53 WIB
Truk ringan Tata Ultra 1012 meluncur di GIIAS 2016, ICE BSD, Tangerang, Kamis 11 Agustus 2016. TEMPO/Ferry Firmansyah

TEMPO.CO, Jakarta - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia, memperkenalkan Tata Ultra 1012 dalam Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016.

Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan dengan opsi bodi yang lebih panjang dan menggunakan full air brake.

“Tata Ultra 1012 menjanjikan total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya,” kata Presiden Direktur TMDI Bismadev Sengupta dalam keterangan tertulis yang diterima pada Kamis, 11 Agustus 2016.

Biswadev mengatakan Tata Ultra memiliki lima keunggulan, yaitu ultraversatile, ultrastyle, ultra performance, ultracomfort, dan ultrasafe.

Keunggulan ultraversatile yang dimaksud Biswadev ialah variasi aplikasi kendaraan. Tata Ultra dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar 4-7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dan pilihan panjang 4-6 meter.

Ultrastyle mengacu kepada sosok Tata Ultra yang menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan. Standar tersebut, menurut Biswadev, menawarkan biaya terendah, keamanan yang baik serta aneka fitur lainnya.

Keunggulan ultraperformance terlihat dari mesin Tata Ultra 1012. Kendaraan tersebut dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc. Mesin sanggup menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya, 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 kurang lebih 10 ton. Transmisi Tata Ultra menggunakan Transmisi G-550 dengan enam gigi dengan overdrive (OD).

Keunggulan ultracomfort tercermin dalam desain kabin interior Tata Ultra yang menekankan kenyamanan dan keselamatan. Biswadev mengatakan Tata Ultra 1012 unik karena kokpitnya fungsional dan menarik.

Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas. “Hal ini tentu memberi nilai kenyamanan dan keselamatan yang tinggi,” tutur Biswadev. Karena itu, Tata Ultra dilengkapi dengan seat adjuster, steering adjuster, dan weight control seat. Karakteristik sistem kemudi truk tersebut ialah power steering-nya ringan.

Tata Ultra 1012 dibekali juga dengan tilt and telescopic collapsible steering yang dapat menambah kenyamanan posisi pengendara. Fitur tersebut dapat mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Untuk suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semieliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber bushing.

Tata Ultra 1012 berkapasitas kursi tiga buah dengan konfigurasi berjajar satu sopir dan dua penumpang. Setiap kursi disesuaikan, mulai digeser maju-mundur hingga direbahkan ke belakang.

Keunggulan lainnya ialah ultrasafe, yaitu keunggulan dalam bidang keamanan. Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan full air brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keamanan pengendara.

Tata Ultra juga menyajikan neutral switch, side beam impact, dan three points active retractable safety belt. Chassis truk ringan ini menggunakan teknologi rolled frame dengan material high tensile. VINDRY FLORENTIN

#Tata Motors

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi