Kawasaki Kembangkan Teknologi ala Knight Rider
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Sabtu, 3 September 2016 08:00 WIB
Ilustrasi Kanjo Engine Kawasaki. (kawasaki.com)

TEMPO.COJakarta - Pabrikan sepeda motor sport asal Jepang, Kawasaki, berencana memasang teknologi kepintaran buatan (artificial intelligence/AI) pada produknya.

Jika jadi, sepeda motor Kawasaki nantinya akan bisa berkomunikasi dengan sang pengendara—layaknya komputer KITT pada film seri Knight Rider, yang populer pada 1990-an.

Dalam pernyataan pers yang dirilis pada akhir Agustus lalu, Kawasaki menyatakan produk AI ini akan diberi nama Kanjo Engine alias Emotion Engine.

Teknologi pintar ini dirancang untuk memonitor kondisi sepeda motor selama dipakai dan menemani penunggangnya. "Kanjo Engine dirancang untuk mengerti dan merespons suara pemiliknya."

Kepintaran buatan yang berperan sebagai asisten semacam itu saat ini sudah diterapkan dalam perangkat telepon seluler buatan Apple (Siri) dan Android (Google Voice).

Kelebihannya, Kawasaki menulis, Kanjo Engine bisa mengawasi dan menyesuaikan gaya berkendara si pengguna sepeda motor. "Melalui ucapan, pengendara bisa menyesuaikan tenaga rem dan mesin motor saat sedang melaju."

Kanjo Engine dikembangkan Kawasaki bersama sebuah perusahaan teknologi lain asal Jepang, Cocoro SB, yang juga mengembangkan robot humanoid bernama Pepper Robot.

CNET | PRAGA UTAMA

#Sepeda Motor
#Kawasaki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi