All New Honda CBR 250RR, Motor Canggih Buatan Karawang
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 3 November 2016 19:38 WIB
Pengecekan akhir All New Honda CBR 250RR di Pabrik PT Astra Honda Motor, Jawa Barat, Kamis 3 November 2016. TEMPO/Fery Firmansyah

TEMPO.CO, Karawang - PT Astra Honda Motor (AHM) memulai produksi perdana sepeda motor supersport All New Honda CBR 250RR di Pabrik AHM Plant 4 dan 5 Karawang, Jawa Barat, Kamis, 3 November 2016.

Dengan kapasitas produksi 80 unit per hari, pabrik ini adalah satu-satunya lini produksi All New Honda CBR 250RR di dunia. "Ini adalah bentuk kepercayaan prinsipal pada kemampuan engineer-engineer Indonesia," kata Executive Vice President AHM, Johaness Loman, di Karawang.

Menurut Johannes, All New CBR 250RR memiliki kandungan lokal 66 persen. Model supersport yang mewarisi gen motor MotoGP ini dirancang oleh 74 engineer lokal yang memiliki keterampilan tinggi. Dengan lini produksi ini, Johannes yakin Indonesia mampu menjadi basis produksi model motor sport dengan spesifikasi premium. "Dengan cara itulah harga model-model motor sport bisa semakin terjangkau oleh konsumen di Indonesia," ujarnya.

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, mengatakan pabrikasi CBR 250RR menjadi awal untuk penciptaan basis produksi model-model motor sport dan lux, dengan spesifikasi yang lebih canggih dan kompleks. Menurut dia, Honda Motor Company sudah mempercayai kemampuan engineer Indonesia untuk membuat produk-produk berteknologi tinggi. "Karena itu, akan terjadi alih teknologi yang kian pesat. Ini sudah disiapkan," katanya.

Produksi All New CBR 250RR di Karawang menerapkan teknologi baru Pick to Light System dan Interlock System, serta menempatkan proses manufakturnya di Clean Room Assembly System.

Interlock System merupakan sistem yang memastikan proses pengencangan torsi secara presisi didukung oleh sistem Pick to Light System yang memastikan pengambilan jenis dan jumlah part dalam satu stasiun kerja akurat sesuai dengan jumlah dan jenis part yang dibutuhkan saat merakit All New Honda CBR250RR.

All New Honda CBR250RR dikembangkan dengan filosofi “Total Control” sebagai motor supersport terbaik di kelasnya yang sangat mudah dikendarai. Model ini menghasilkan tenaga maksimal 28,5 kW (38.7 daya kuda) per 12.500 rotasi per menit dan torsi maksimum 23,3 Newton meter per 11.000 rpm. Performa ini muncul berkat mesin generasi terbaru 250cc liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, paralel twin cylinder.

FERY F

Berita LainProduksi Lokal All New Honda CBR250RR DimulaiIMOS 2, Ini 2 Motor Terbaru SuzukiNew Honda CBR 150R Dipasarkan, Berapa Harganya?Toyota All New Yaris Tak Seimut yang Lawas

#Sepeda Motor
#PT Astra Honda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi